Jakarta, Selular.ID – Dalam rangka mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik percakapan dan data saat Liburan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk fasilitas layanan prima di bidang akses telekomunikasi, di antaranya melakukan pengecekan jaringan di beberapa wilayah.
Menurut Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, wilayah yang dilakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi (quality of service/qos) diantaranya titik pusat keramaian/POI prioritas seperti airport/bandara, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall, tempat-tempat ibadah, rumah sakit, pusat perayaan tahun baru, dan jalur mudik.
“Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, pemerintah meminta agar semua operator seluler meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi/QoS,” jelasnya.
Menindaklanjuti hal tersebut, operator seluler telah menyampaikan laporan tentang kesiapan mereka dalam menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 yang dimulai dari awal November 2019 sampai pertengahan Januari 2020, di antaranya:
- Menyiapkan 479.125 unit BTS di seluruh Indonesia, untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.
- Mengerahkan 160 unit mobile BTS di titik-titik keramaian yang menjadi pusat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.
- Melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice dan sms.
Mengerahkan tim untuk melakukan pengukuran QoS dalam mengawal dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal dan tempat wisata. - Menyiagakan personil dan outlet-outlet maupun posko siaga 24 jam sejak awal November 2019 hingga pertengahan Januari 2020.
Melakukan patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.
“Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler selama Libur Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa,” pungkasnya.