Tuesday, June 2, 2020
Home Tips Punya Smartphone Android Baru? Pastikan Instal 5 Aplikasi Ini

Punya Smartphone Android Baru? Pastikan Instal 5 Aplikasi Ini

-

Jakarta, Selular.ID – Baru beli smartphone Android untuk liburan? Untuk membantu Anda memulainya, berikut adalah 5 aplikasi yang harus segera Anda instal di perangkat Android baru.

Pesan Google (RCS)

Pesan tradisional (SMS) sudah usang. Google berusaha untuk memperbaikinya dalam beberapa bulan terakhir dan sekarang, solusi yang dikenal sebagai RCS (Rich Communication Services) telah tersedia untuk smartphone Android di tiga negara (AS, Prancis, dan Inggris), sebelum nantinya menyebar ke seluruh dunia.

Manfaat RCS pertama adalah meng-upgrade kemampuan SMS/MMS. Gambar dapat dikirim dalam kualitas yang lebih tinggi, indikator pengetikan, dan lebih banyak lagi semuanya datang dengan RCS. Obrolan grup juga mendapat peningkatan besar. Pada dasarnya, RCS seperti Apple iMessage, tetapi untuk ponsel Android.

Untuk mendapatkan RCS, cukup unduh Google Messages di Play Store, lalu atur sebagai aplikasi SMS default Anda, dan tunggu konfirmasi untuk mengaktifkan RCS.

Ini adalah aplikasi SMS, tetapi di tiga negara di atas, aplikasi ini juga dapat mengaktifkan pesan RCS pada semua operator dan juga smartphone Android apa pun.

Foto Google

Aplikasi pertama yang harus Anda instal (aktifkan) pada smartphone Android baru adalah Foto Google. Aplikasi ini mang sudah terinstal di perangkat Android, tetapi Anda masih harus menyiapkan segala sesuatunya.

Untuk melakukan itu, cukup buka aplikasi, masuk dengan akun Google pilihan Anda, dan tentukan opsi pencadangan. Foto akan secara otomatis membuat cadangan gambar dan video Anda di latar belakang. Tetapi Anda harus memberi tahu jika Anda menginginkannya dilakukan hanya melalui Wi-Fi atau data seluler.

Selanjutnya, Anda harus memutuskan kualitas. Layanan ini sepenuhnya gratis untuk cadangan “berkualitas tinggi” yang sedikit menurunkan resolusi foto, tetapi cadangan kualitas asli memerlukan langganan Google One.

Simpan Catatan / Keep Notes

Melacak pengingat, daftar, dan lainnya dapat dibuat lebih mudah dengan menggunakan aplikasi pencatat. Aplikasi pencatat Google Keep Notes terus membaik dari waktu ke waktu, makanya Anda harus mempunyainya.

Google Keep Notes sepenuhnya gratis dan memungkinkan Anda menyimpan catatan, daftar, dan bahkan gambar dalam aplikasi.

Catatan itu juga disinkronkan ke akun Google Anda yang berarti Anda dapat mengaksesnya di perangkat lain termasuk komputer. Dengan pengaturan cepat, Anda bahkan dapat menggunakan speaker Google Assistant seperti Google Nest Mini untuk mengelola daftar belanja.

Find My Device

Ini aplikasi lain yang seharusnya sudah diinstal di smartphone Android baru apa pun. “Find my Device” adalah aplikasi Google yang dirancang untuk membantu Anda melacak ponsel cerdas Anda jika salah tempat. Jika aplikasi ini tidak diinstal pada perangkat Anda karena alasan tertentu, itu tersedia melalui Play Store.

Saat membuka Find my Device, Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Google dan memasukkan kata sandi Anda juga. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat perangkat Anda serta orang lain yang terlampir pada akun Anda.

Anda kemudian dapat berdering, mengunci, atau menghapus perangkat apa pun di akun Anda. Hal yang sama berlaku untuk ponsel baru Anda juga dari perangkat Android lain yang Anda miliki, ponsel Android teman, atau bahkan hanya browser web.

ActionDash

Akhirnya, mari kita bicara tentang kebiasaan ponsel cerdas. Bagi banyak orang, kecanduan smartphone adalah masalah nyata dan memasuki dekade baru, ada beberapa cara untuk mencegahnya.

ActionDash adalah aplikasi Digital Wellbeing gratis untuk smartphone Android yang berfungsi di hampir semua perangkat. Aplikasi melacak bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda sepanjang hari termasuk aplikasi mana yang digunakan, berapa kali Anda membuka kunci perangkat, dan bahkan berapa banyak pemberitahuan yang Anda dapatkan.

Untuk membantu mengekang penggunaan ponsel cerdas, ActionDash menawarkan alat-alat seperti menjeda aplikasi agar Anda tidak menggunakannya, membatasi berapa lama suatu aplikasi dapat digunakan setiap hari, dan banyak lagi.

Semuanya dilakukan di perangkat dan tidak diunggah ke cloud dan, lebih baik lagi, aplikasi ini gratis dan tidak akan melukai baterai Anda juga. ActionDash tersedia di Google Play.

TERBARU

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Ponsel 5G ZTE Axon 11 SE Diumumkan

Jakarta, Selular.ID - Sesuai jadwal, ZTE mengumumkan ponsel 5G terbaru di negara asalnya Cina....

Latest