Thursday, December 12, 2019
Home Tips Tips Berbelanja Online Secara Aman Tanpa Peretasan

Tips Berbelanja Online Secara Aman Tanpa Peretasan

-

Jakarta, Selular.ID – Hampir semua platform e-commerce turut merayakan hari belanja online nasional. Mulai dari 10.10 pada Oktober lalu, hingga kini berlangsungnya 11.11 tepat 11 November ini.

Selain menggiurkan dengan beragam diskon dan cashback yang ditawarkan, rupanya momentum ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah hacker. Melalui ‘Phising’, jenis pertasan ini akan memungkinkan hacker mendapatkan akun yang diretasnya.

Tentunya hal ini akan sangat berbahaya jika akun sampai didapat oleh hacker. apalagi sampai disalah gunakan untuk kepentingan tertentu. Simak tips berikut untuk berbelanja aman dari Kapersky, perusahaan cyber security.

Baca juga: Banyak Diskon di Festival Belanja Online 11.11 Xiaomi

Jangan sembarang mengklik tautan

Jika Anda menerima tautan tentang penawaran menggiurkan melalui email, pastikan untuk memeriksa hyperlink yang tertanam, bisa jadi berbeda dari apa yang terlihat. Jika ya, akses halaman kesepakatan (deal page) langsung melalui situs web yang sah.

Lakukan pembelian melalui situs resmi dan perhatikan webnya

Jika mereka berbeda dari toko resmi, pertimbangkan untuk memeriksa penawaran yang Anda temui dengan mencarinya di halaman web resmi.

Gunakan solusi keamanan dengan teknologi anti-phishing

Jika Anda memiliki cyber security system, maka akan secara otomatis mendeteksi adanya halaman web phishing. Seperti Kaspersky Security Cloud atau Kaspersky Total Security, yang bisa memberi informasi jika Anda memasuki web phising.

Jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama

Jika kata sandinya sama dan peretas berhasil mendapatkan itu, semua akun Anda akan menjadi rentan. Gunakanlah kata sandi yang berbeda disetiap akun e-commerce ataupun layanan lainnya. Selain itu, pilihlah kata sandi yang hanya diketahui oleh Anda sendiri.

Latest