Friday, February 21, 2020
Home Apps Google Photos Akan Kenalkan Fitur Colorize

Google Photos Akan Kenalkan Fitur Colorize

-

Jakarta, Selular.ID – Google
terus melakukan pembaruan pada layanan aplikasinya, yang terbaru Google Photos kebagian mendapatkannya.

Di ajang Google I/O 2018 silam, Google
sempat memperkenalkan fitur Colorize sebagai filter pada aplikasi Google Photos.

Seperti dilaporkan BGR, fitur ini dapat merubah foto hitam putih menjadi berwarna. Hal ini berkat teknologi machine learning dan Artificial Intelligence (AI).

Untuk pengembang aplikasi, Google telah mengeluarkan API (application programming interface) yang bisa dipasang langsung ke layanan Google Photos. Google berkata alat dan API ini memungkinkan pengembang membangun pencarian Google Photos, upload, dan fitur berbagi langsung ke aplikasi buatannya

Untuk merubah foto hitam putih menjadi berwarna, yang dilakukan mengambil gambar atau memindai foto jadul melalui smartphone Android, Google Photos akan langsung bekerja menganalisis dan memberi warna pada foto tersebut.

Berdasarkan beragam gambar yang diunggah oleh situs itu, foto-foto yang diedit menggunakan filter Colorize tampak menghasilkan warna vintage atau nuansa zaman dahulu.

Rangkaian gambar tersebut bisa dibilang seperti foto yang diambil menggunakan kamera saku analog film.

Nantinya, ketika fitur ini sudah digelontorkan oleh Google kepada pengguna umum, fitur Colorize bakal muncul secara otomatis di deretan filter ketika pengguna mengedit foto hitam putih di aplikasi Google Photos.

Tidak hanya itu, kemampuan mengenali foto dokumen, dan kemudian mengkonversikannya menjadi berkas PDF. Teknologi untuk mengubah foto menjadi PDF sebenarnya sudah ada sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, AI di dalam layanan foto Google bakal membantu menyarankan penyesuaian cahaya dan peningkatan foto pengguna.

Baca Juga :Google Photos Terima Pembaruan Mirip Instagram Stories

Saat ini itur Colorize sendiri masih dalam versi beta. Artinya, masih ada bug yang mungkin melanda pengguna ketika menerapkan fitur ini, misalnya seperti proses penerapan warna yang cukup lama.

Latest