Monday, October 14, 2019
Home News Telco XL Axiata Ungkap Strategi Menangkan Persaingan di Semester 2 - 2019

XL Axiata Ungkap Strategi Menangkan Persaingan di Semester 2 – 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Persaingan industri telekomnkasi di Indonesia padasemester 1 – 2019 dinilai cukup ketat kompetisi yang dilakukan oleh para operator. Memasuki semester kedua ini persaingan diyakini akan lebih ketat dari sebelumnya.

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata menyatakan dirinya cukup optimis menghadapi persaingan di paruh kedua 2019 ini terlebih disertai dengan kondisi makro ekonomi yang cukup baik dengan beberapa parameternya seperti GDP broadband diprediksi mengalami pertumbuhan sebesar 5,2 persen dan resiko terjadinya krisis sangat kecil pasca pilpres yang berkhir damai serta perekonomian indonesia ynag juga diyakni akan mengalami pertumbuhan yang baik karena investasi dan yang konsumsi meningkat.

“Untuk industri telco semester satu kemarin kompetisi selalu ketat, tapi kami perkirakan semester 2 ini akan lebih ketat,” ungkap Dian di Jakarta (5/9/2019).

Beberapa indikator ketatnya persaingan industri telko ini disampaikan Dian beberapa operator sudah meluncurkan program yang menurutnya akan menurunkan data yield lebih lanjut.

Berdasarkan pengamatan yang ada dipaparkan Dian, Telkomel saat ini sedang sangat agresif dalam pengembangan LinkAja, IoT bisnisnya juga sedang hit serta data price yang makin kompetitif.

Sementara itu Indosat Ooredoo tahun lalu mengalami penurunan yang tentunya tahun ini akan mempunya presure yang kuat untuk membalikkan kondisi tersebut.

Sedangkan Tri Indonesia mulai membangun jaringannya keluar jawa dengan ekspansi yang cukup agresif serta konsisten dengan penawaran harga murah (low price prepositions).

Smartfren menurut Dian meskipun kecil tapi sekarang sudah lumayan “menggigit” karena melakukan sesuatu yang lumayan destruktif dengan penawaran paket unlimitednya serta membangun jalur distribusi yang lumayan kuat.

“Langkah yang dilakukan para operator tersebut akan memaksa semuanya untuk lebih inovatif dan kreatif untuk meluncurkan produk dan solusi yang kena di hati masyrakat,” ungkap Dian.

Untuk bisa memenangkan persaingan di semeter2 – 2019 ini XL mengaku mempunyai strategi yang cukup sederhana, yakni memperkiat infrastruktur dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Berdasarkan pengalaman yang ada, kunci keberhasilan XL selama delapan kwartal terakhir dijelaskan Dian karena perkuatan infrastruktur, sehingga strategi ini akan dilanjutkan dengan infrastruktur luar jawa yang tetap diperkuat.

Dari sisi komersial, strategi dual brand dinilai Dian bekerja dengan baik mengingat perlunya segmentasi.

“Segmentasi itu perlu dan karena kita perlu senjata yang berbeda-beda untuk mengcounter attack operator lain,” papar Dian

Strategi lain yang juga bakal diterapkan Dian adalah memperluas channel distribusi serta penggunaan data analytics untuk meningkatkan pengalaman pengguna sekaligus menigkatkan ARPU pelanggan.

Latest