Tuesday, September 17, 2019
Home News E-Commerce Tokopedia Ingin Jadi Ekosistem Super

Tokopedia Ingin Jadi Ekosistem Super

-

Jakarta, Selular.ID – Bersamaan dengan HUT ke-74 Indonesia, Tokopedia memasuki usia ke-10 dan mengumumkan visinya menjadi Super Ecosystem, yakni sebuah infrastruktur menyeluruh yang bisa mempermudah masyarakat Indonesia.

CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, “Terinspirasi atas perjuangan meraih kemerdekaan, Tokopedia dimulai dengan sebuah mimpi lewat sebuah visi membangun Super Ecosystem dimana semua orang dapat memulai dan menemukan segala sesuatu.”

William menegaskan Tokopedia telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan e-commerce. Selama 10 tahun ini, Tokopedia telah membantu lebih dari 6,2 juta masyarakat menjadi ‘pengusaha’.

Mereka telah memasarkan lebih dari 150 juta jenis barang ke seluruh pelosok negeri, menjangkau hingga 97% kecamatan di Indonesia.

“Setiap bulannya, 1 dari 3 masyarakat Indonesia sudah menggunakan Tokopedia untuk kebutuhan sehari-hari. Di tahun ke-10 ini, lebih dari 1 persen ekonomi Indonesia bergerak di atas Tokopedia,” imbuh William.

Sebagai Super Ecosystem, Tokopedia sudah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra pembayaran, 12 mitra logistik, pemerintah pusat maupun daerah dan sederet mitra strategis lainnya.

Infrastruktur, menurut William, juga telah menjadi kunci utama dalam menjadi sebuah Super Ecosystem. Perusahaan kini terdiri dari berbagai lini bisnis, yaitu marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

William mengungkapkan, 10 tahun ke depan, Tokopedia akan fokus untuk membantu semua orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk menjadi perusahaan teknologi.

“Petani, nelayan, pemilik warung, fotografer, pembuat kue, florist, guru les musik dan begitu banyak profesi lainnya di Indonesia melakukan keseluruhan aktivitas dan layanan mereka secara offline. Untuk mewujudkan visi dan misi besar untuk Indonesia, maka Tokopedia harus mampu membangun ekosistem yang menjadi solusi nyata bagi hampir semua profesi yang ada di Indonesia, bagaimana mereka bisa menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka akan selalu relevan terhadap perubahan zaman,” jelas William.

William menuturkan inilah yang akan menjadi pekerjaan rumah bersama ke depannya, bagaimana Tokopedia bisa berkontribusi hingga 5 persen dari ekonomi Indonesia, dan mengangkat kelas seluruh profesi di Indonesia, baik online maupun offline.

 

Terakhir, William juga menegaskan komitmen Tokopedia akan lebih fokus investasi ke seluruh pelosok Indonesia dibandingkan ekspansi layanan ke regional.

Latest