Sunday, June 16, 2019
Home News E-Commerce Uber Uji Coba Antar Makanan dengan Drone

Uber Uji Coba Antar Makanan dengan Drone

-

Jakarta, Selular.ID – Rencana Uber untuk mulai mengantarkan makanan cepat saji dengan drone di San Diego musim panas ini tampaknya segera terealisasi.

Bloomberg Businessweek melaporkan, Uber telah membahas kemungkinan uji coba sejak Mei lalu, dan laporan terbaru mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang proyek tersebut.

Pengiriman tidak akan dilakukan ke rumah pelanggan, kata Bloomberg, tetapi sebaliknya, akan dikirim ke “zona pendaratan aman yang ditunjuk” di mana kurir Uber akan membongkar paket dengan tangan dan membawanya ke depan pintu pelanggan.

Zona pendaratan ini mungkin termasuk atap mobil Uber yang diparkir, yang akan diidentifikasi oleh drone menggunakan kode QR.

Biaya untuk pengiriman drone kira-kira akan sama dengan biaya reguler, yang naik menjadi sekitar USD8,50 (~Rp120 ribu) di San Diego.

Uber telah bekerja dengan McDonald sebagai mitra awal, merancang paket pengiriman khusus yang membuat burger dan kentang goreng tetap panas dan utuh selama penerbangan.

Bloomberg menyaksikan uji coba teknologi yang berlangsung pada bulan Mei menggunakan hexacopters biasa. Tetapi perusahaan mengatakan sedang mengerjakan desain drone baru yang akan diungkap akhir tahun ini.

Kepala proyek udara Uber, Eric Allison, mengatakan kepada Bloomberg bahwa keputusan untuk melanjutkan uji coba didorong oleh keberhasilan Uber Eats, yang meningkatkan pendapatannya hampir 150 persen tahun lalu.

Uber mengatakan drone-nya dapat melakukan pengiriman jarak 1,5 mil hanya dalam tujuh menit, jauh lebih cepat daripada 21 menit yang dibutuhkan oleh sebuah mobil atau pengendara sepeda.

Untuk uji coba pengiriman drone di San Diego, perusahaan masih menunggu persetujuan dari FAA. Pada tahun 2018, FAA menetapkan San Diego sebagai salah satu dari 10 lokasi AS di mana layanan drone komersial dapat diuji (cuaca umumnya tenang dan cerah adalah salah satu faktor).

Pengiriman drone masih memiliki banyak tantangan termasuk keselamatan, polusi suara, dan mengatur lalu lintas udara. Tapi teknologi besar tampaknya bertekad untuk mendorong teknologi itu.

Project Wing Google terus melakukan pengiriman drone di negara-negara seperti Finlandia dan Australia, dan minggu lalu Amazon meluncurkan drone pengiriman baru yang akan membawa paket ke pelanggan dalam hitungan “bulan.”

Latest