Sunday, November 17, 2019
Home Aksesoris Review Sandisk Extreme Pro A2: Lebih Lancar Bermain Game di Smartphone

Review Sandisk Extreme Pro A2: Lebih Lancar Bermain Game di Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Game mobile keluaran terbaru menuntut ruang penyimpanan ekstra lega dan kecepatan baca super kilat pada sebuah perangkat. Pemilik smartphone misalnya, akan membutuhkan penyimpanan eksternal guna mampu ‘menangani’ game-game berukuran raksasa.

Selain untuk game, penyimpanan super luas juga mutlak dibutuhkan akibat resolusi tinggi pada kamera smartphone yang kini sudah mencapai 48MP (seperti pada Vivo V15 Pro, Oppo F11 Pro, dan Xiaomi Redmi Note 7).

Sebagai gambaran, hasil foto (still) kamera 48MP akan berukuran berkisar 12MB. Untuk merekam video, Anda akan butuh sekitar ruang 130MB untuk klip berdurasi 60 detik dengan resolusi 1080p 30fps (resolusi standar smartphone).

Jika Anda termasuk penggemar game mobile sekaligus hobi fotografi, storage standar di smartphone mungkin tidak akan cukup. Anda membutuhkan kartu memori eksternal tambahan. Salah satu kartu microSD yang bisa diandalkan dalam menyimpan memori adalah merek Sandisk keluaran Western Digital (WD).

Sandisk mempunyai banyak varian kartu microSD, kali ini Selular.id akan membahas mengenai Sandisk Extreme Pro A2 dengan kapasitas 128GB.

Sandisk Extreme Pro A2

Sebelum membahasnya, perlu diketahui kartu memori jenis microSD dari WD ini bisa digunakan untuk banyak perangkat. Selain smartphone, kartu juga bisa ditanamkan ke kamera DSLR (ada adapter), drone, dan Go-Pro yang sudah mendukung perekaman video 4K.

Sandisk Extreme Pro A2 mempunyai kecepatan baca hingga 170mbps. WD mengeluarkan empat varian kapasitas: 64GB, 128GB, 256GB, sampai 400GB.

Adapun harga retail yang disarankan untuk masing-masing kapasitas adalah:

Sandisk Extreme 64GB : Rp349.000
Sandisk Extreme 128GB : Rp619.000
Sandisk Extreme 256GB : Rp1.799.000
Sandisk Extreme 400GB : Rp3.449.000
Sandisk Extreme Pro 64GB : Rp449.000
Sandisk Extreme Pro 128GB : Rp799.000
Sandisk Extreme Pro 256GB : Rp2.149.000
Sandisk Extreme Pro 400GB : Rp3.999.000

Apa itu Teknologi A2?

Seperti yang termaktub pada namanya, kartu ini sudah menggunakan standard teknologi A2. Sederhananya, teknologi A2 memungkinkan kartu untuk membaca dan menulis lebih kencang. Namun teknologi A2 menawarkan lebih dari itu.

Sebelum A2, Sandisk telah mengeluarkan kartu memori dengan teknologi A1. Tidak hanya untuk menyimpan peta, gambar, video, music, dan dokumen, A1 juga memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memperbarui data.

Nah teknologi pada A2, kinerja kartu memori SD jauh lebih tinggi karena menggunakan fungsi Command Queuing dan Cache. Manajemen memori flash yang efisien dapat didukung oleh fungsi Maintenance.

Contohnya pada saat loading game, akan diperlukan random access yang baik, pada waktu bersamaan, secara simultan. Mulai dari membuka aplikasi, mengecek akses yang tepat bagi game, mengecek level game, sampai mengecek audio yang tepat. Semua itu membutuhkan random IOPS yang mumpuni.

Tabel di bawah ini menjelaskan garis besar spesifikasi A1 dan A2, rata-rata minimum IOPS baca/tulis acak (IOPS dalam hal ini berarti bahwa jumlah perintah baca/tulis 4KB dapat dieksekusi per detik), dan kinerja sekuensial berkelanjutan minimum (MB/d).

Kecepatan Baca 170MB/s

Kartu memori microSD Sandisk Extreme Pro sangat ideal untuk smartphone keluaran terbaru. Namun pada dasarnya semua smartphone bisa menggunakan kartu ini, hanya saja kecepatan Read dan Write tidak akan semaksimal ketika kartu disematkan ke smartphone premium.

Secara teori, kartu Sandisk Extreme Pro A2 ini mempunyai kecepatan Baca maksimal 170MB per detik dan kecepatan Tulis 90MB per detik.

Sandisk mengklaim performa A2 adalah 4000 baca IOPS dan 2000 tulis IOPS. (Sedangkan performa A1 adalah 1500 baca IOPS, 500 tulis IOPS).

Pengukuran

Dengan kecepatan transfer 170MB/s, berapa kecepatan riil yang akan dirasakan pengguna ketika kartu dimasukkan ke dalam perangkat.

Kami melakukan pengujian menhgunakan Vivo V15 Pro untuk benchmark di smartphone, dan di desktop melalui adapter kartu yang disediakan Sandisk. Sebelum menguji, kartu pertama kali diformat oleh perangkat itu sesuai pengaturan default perangkat.

SanDisk Extreme Pro A2 128GB

Pengujian kami menghasilkan kecepatan Baca berurutan sekitar 84MB/s dan kecepatan Tulis lebih dari 52MB/s. Itu tidak buruk.

Hanya saja, label fitur A2 di kartu mengartikan kecepatan minimum 4000 Baca IOPS dan 2000 Tulis IOPS, dan ternyata Androbench melaporkan masing-masing 1956 dan 672. Cukup jauh dari klaim.

Layak Beli?

Kartu ini sangat layak beli jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan tambahan. Tidak peduli apakah ada label A1 atau A2. Karena untuk pemakaian di perangkat (smartphone, kamera, Go-Pro) akan menunjukkan kinerja berbeda.

Sebagai informasi, beberapa smartphone Android di pasaran (contohnya Nokia 1) memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu microSD sebagai “penyimpanan yang dapat diadopsi” dan menjadikan kartu seolah-olah ruang penyimpanan bawaan perangkat.

Perangkat lain juga (contoh Galaxy S9 dan S10) memungkinkan aplikasi individual dipindahkan ke kartu microSD.

Anda harus mencari tahu sendiri apa yang didukung smartphone Anda sebelum memastikan kartu microSD akan bisa menyimpan aplikasi di perangkat.

Sandisk Extreme Pro A2 menjadi kartu microSD yang paling cepat saat ini, kecepatan mereka sangat baik untuk penyimpanan di smartphone.

Latest