Sunday, July 21, 2019
Home Devices Wearable Devices Pelacak Tidur Memperburuk Insomnia

Pelacak Tidur Memperburuk Insomnia

-

Jakarta, Selular.ID – Pelacak tidur yang tersedia di gelang kebugaran berfungsi untuk membantu seseorang mengetahui apakah ia mendapat istirahat malam yang cukup. Tetapi sebagian mungkin akan memperburuk keadaan untuk situasi berbeda.

Dilansir dari New York Times, para ilmuwan memperingatkan aplikasi dan perangkat pelacak tidur bisa memperburuk insomnia baik melalui data yang tidak akurat atau dengan membuat kecemasan Anda jauh lebih buruk.

Dalam sebuah penelitian, hal itu menyebabkan orang menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat tidur (untuk meningkatkan statistik tidur mereka) dan melaporkan kondisi yang tidak ada yang mengakibatkan pengobatan menjadi sia-sia.

Ini bukan berarti perangkat tidak dapat diandalkan, dan produsen bergegas membela produk mereka. Dr. Conor Heneghan dari Fitbit misalnya, mengklaim beberapa pengguna berurusan dengan kecemasan tidur yang serius, dan data pelacakan dapat mengetahui efek dari jadwal tidur konsisten dan kebiasaan berbahaya. Mereka juga dapat menentukan detak jantung yang terkait dengan tahapan tidur.

Namun, mereka masih tidak seakurat manusia. Studi Fitbit sendiri menunjukkan kecocokan antara pelacak dan peralatan medis hanya 70 persen dibandingkan 90 persen untuk manusia.

Dan tanpa peraturan atau standar, hasil yang didapatkan dapat bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Meskipun data itu masih bisa berguna, Anda mungkin menganggapnya isapan jempol atau bahkan menghindari fitur pelacakan tidur sama sekali.

Latest