Monday, October 21, 2019
Home News Market Update Belum Ada Sinyal Pasar Smartphone Mengalami Peningkatan

Belum Ada Sinyal Pasar Smartphone Mengalami Peningkatan

-

Jakarta, Selular.ID – IDC memperkirakan pengiriman menurun sebesar 1,9% untuk pasar ponsel pintar global sepanjang 2019, menandai penurunan ketiga tahun berturut-turut, meskipun hal-hal akan terlihat lebih cerah di paruh kedua tahun ini.

Diperkirakan hanya terdapat 1,38 juta unit yang akan dikirim, dengan paruh pertama tahun ini turun 5,5%. Dalam enam bulan berikutnya, pertumbuhan 1,4% akan didorong oleh akselerasi 5G, pilihan handset premium yang lebih murah, dan peningkatan yang berkelanjutan dari pasar utama, termasuk India.

Sementara pasar yang sedang berkembang “masih memiliki banyak sisi buruk”, IDC mencatat beberapa momentum telah hilang karena transisi ke telepon pintar dari telepon fitur telah mulai melambat.

Di semua pasar, penetapan harga tetap menjadi faktor keputusan penting, yang menciptakan peluang baru pada titik harga menengah.

Tetapi faktor yang paling signifikan, dan tidak pasti, adalah bagaimana perselisihan perdagangan AS-Cina akan terjadi.

Kondisi ini akan memberi tekanan pada China. Permintaan di pasar ponsel terbesar di dunia itu, diprediksi akan terus mengalami pelemahan pada 2019, sebelum kembali tumbuh pada paruh kedua tahun ini, ketika kampanye pemasaran 5G yang tak mudah dimulai. Dan selanjutnya terus meningkat pada awal 2020.

IDC mengharapkan perangkat 5G untuk mewakili sekitar 0,5% dari total pengiriman tahun ini. Kemudian akan tumbuh menjadi 26,3% pada 2023, didorong oleh pertumbuhan cepat di semua pasar.

Sangeetika Srivastava, nalis Riset Senior IDC, mengatakan bahwa di tengah semua desain dan perkembangan 5G ini, tantangannya tetap bahwa permintaan konsumen di sekitar fungsi smartphone terus meningkat sementara toleransi mereka terhadap produk dengan harga lebih tinggi terus menurun.

“Dengan 5G yang masih dalam tahap pra-komersialisasi, serta beberapa faktor bentuk baru yang menarik, akan sangat penting bagi vendor untuk terus membawa produk yang terjangkau ke pasar untuk menghidupkan kembali pertumbuhan “, ujar Sangeetika.

Latest