Sunday, October 20, 2019
Home News Market Update Vivo Berjaya di India

Vivo Berjaya di India

-

Jakarta, Selular.ID – Tahun lalu Samsung kehilangan mahkotanya di India oleh Xiaomi. Meskipun selisih ke peringkat ketiga cukup besar, namun perkiraan pengiriman smartphone terbaru memberikan gambaran suram bagi Samsung.

Menurut Canalys, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu mengirimkan 7,3 juta smartphone di India selama kuartal pertama 2019. Itu adalah penurunan kecil (tetapi signifikan) sebanyak 200.000 unit dibandingkan dengan kuartal pertama 2018.

Dari Top 4 vendor smartphone di India (Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Oppo), Samsung adalah satu-satunya brand yang mengalami penurunan volume pengiriman di negara itu.

Lebih buruk lagi, Samsung juga kehilangan pangsa pasar India 1% pada kuartal terakhir ini. Masalah Samsung di India mencerminkan kesengsaraan perusahaan di seluruh dunia, sehingga hasil ini tidak terlalu mengejutkan.

Berbeda dengan AS, India adalah pasar yang sangat penting karena pasar masih berkembang, menjadikannya peluang untuk mendapatkan pendapatan bagi vendor. Penyusutan pangsa pasar Samsung jelas merupakan berita buruk.

Vendor nomor satu India Xiaomi meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 4% dan mengirimkan 400.000 lebih banyak smartphone dari Q1 tahun sebelumnya.

Pasar India secara keseluruhan juga tumbuh hanya di bawah 2%, bukan jumlah yang besar, tetapi tetap tumbuh.

Namun, brand paling berjaya di India saat ini adalah Vivo. Menurut Canalys, Vivo mengirimkan 2,4 juta lebih banyak smartphone di India dibandingkan dengan Q1 2018, pertumbuhannya lebih dari 100 persen.

Kenaikan itu jelas meningkatkan pangsa pasarnya dari 7,3 persen menjadi 15 persen, dengan mudah mengamankan slot tempat ketiga di peringkat Top 5.

Selain Vivo, perusahaan muda Realme (sub brand Oppo) mencatat pengiriman signifikan 1,3 juta unit. Tidak ada angka pembanding karena perusahaan belum berdiri pada Q1 tahun lalu. Tapi tetap saja, pertumbuhannya cukup mengesankan.

Latest