Monday, May 27, 2019
Home Apps Tips Factory Reset PC atau Notebook Berbasis Windows 10

Tips Factory Reset PC atau Notebook Berbasis Windows 10

-

Jakarta, Selular.ID – Anda pengguna sistem operasi Windows 10 ? Sistem operasi Windows 10 seringkali mengalami error ketika menjalankan sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut tiba-tiba berhenti beroperasi saat dijalankan. Kemungkinan aplikasi tersebut tidak support dengan Windwos 10.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Selain itu, Anda dapat melakukan factory reset untuk mengembalikan notebook atau PC seperti baru lagi. Factory reset juga sangat berguna jika Anda ingin menjual notebook atau PC Anda.

Baca juga : Windows 10 Didukung 800 Juta Perangkat?

Sudahkah Anda mengetahui cara factory reset Windows 10 ? Jika belum berikut cara factory reset Windows 10.

1. Tekan tombol Windows dan pilih setting.

2. Kemudian pilih Update & Security.

3. Lalu pilih Recovery pada bar navigasi di sisi kiri.

4. Setelah itu klik Get started untuk reset PC.

5. Pilih Keep my Files atau Remove everything sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Jika Anda memiliki lebih dari satu hard drive, Anda akan diberikan opsi Only the drive Windows 10 is installed atau All drives.

7. Jika Anda memilih hapus semuanya, pilih salah satu dari dua opsi yang tersedia seperti Just remove my files dan Remove files and clean the drive.

  • Just remove my files merupakan proses reset yang lebih cepat. Namun opsi ini kurang aman karena ada potensi bahwa file yang telah dihapus masih bisa dipulihkan.
  • Remove files and clean the drive akan memakan waktu lebih lama untuk menjalankannya selama beberapa jam. Sebab proses ini memeriksa dan membersihkan file secara menyeluruh. Sehingga orang lain sulit untuk recovery file yang telah dihapus tersebut. Jika Anda berencana menjual PC Windows 10 Anda, maka opsi ini akan menjadi pilihan yang lebih aman.

8. Selanjutnya Microsoft akan memberi tahu Anda bahwa factory reset ini menganjurkan Anda untuk menginstal ulang Windows 10. Setelahnya, Anda dan tidak bisa kembali ke versi lama.

9. Klik next.

10. Klik reset dan biarkan prosesnya berjalan. Proses ini membutuhkan waktu 30 menit bahkan beberapa jam tergantung opsi yang Anda pilih.

Setelah proses reset selesai, ikuti petunjuk untuk menginstal ulang Windows 10.

Baca juga : Cara Tampilkan Notifikasi Android di PC Windows 10 secara Real Time

Ketika instalasi ulang Windows 10 selesai, pastikan bahwa semua file dan pengaturan Anda telah dihapus dan dikembalikan ke default. Seharusnya tidak ada masalah dengan proses ini dan tergantung pada pilihan Anda.

Sebelum Anda install ulang, sebaiknya backup semua file ke hard drive eksternal atau cloud. Sebab setelah proses reset selesai, seluruh file Anda akan dihapus. Ini tergantung opsi yang Anda pilih.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest