Tuesday, August 20, 2019
Home News Market Update Di India, Vending Machine Jual Smartphone

Di India, Vending Machine Jual Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah muncul toko online, penjaja smartphone di pasar konvensional kini mendapat pesaing baru, setidaknya di India. Di sana, vending machine yang biasanya menjajakan minuman ringan kemasan, segera menyediakan smartphone.

Salah satu vendor smartphone populer di sana, Xiaomi, telah mengumumkan rencananya untuk mendirikan Mi Express Kiosk di India. Yaitu mesin penjual otomatis (vending machine) yang bisa digunakan pelanggan untuk membeli produk Xiaomi secara langsung, tanpa harus berurusan dengan perantara.

Mesin penjual otomatis ini akan hadir di seluruh kota metro di area publik seperti taman teknologi, stasiun metro, bandara, dan pusat perbelanjaan.

Konsumen akan dapat membeli produk menggunakan kartu kredit, kartu debit, uang tunai dan Unified Payments Interface (UPI) yakni sistem pembayaran real-time instan yang dikembangkan oleh Pemerintah India.

Perusahaan berencana untuk mendirikan kios-kios ini selama beberapa bulan mendatang dan akan memperluas ke lebih banyak kota di seluruh negeri.

Mi Express Kiosk adalah langkah strategis perusahaan untuk memotong biaya perantara dan menjual produk langsung ke pelanggan. Xiaomi sudah melakukan ini melalui situs web Mi.com dan juga toko ritel Mi Home.

Dengan begitu, akan memungkinkan mereka untuk menjual produk dengan harga yang jauh lebih rendah.

Kios Mi Express sangat hemat biaya, karena tidak memerlukan tenaga penjual atau staf untuk hadir dan pelanggan dapat mengoperasikan mesin sendiri.

Setelah India, apakah Xiaomi akan menerapkan langkah yang sama di negara lain seperti Indonesia? Kita tunggu saja.

Latest