Sunday, June 16, 2019
Home Devices Smart Computing ARM Umumkan Desain CPU dan GPU Premium Terbaru

ARM Umumkan Desain CPU dan GPU Premium Terbaru

-

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan yang mendesain arsitektur chip dasar untuk mayoritas smartphone di dunia, ARM, pekan ini mengumumkan peluncuran rangkaian desain terbaru untuk ponsel premium: CPU Cortex-A77, GPU Mali-G77 dan prosesor pembelajaran mesin yang lebih hemat energi dan bertenaga.

Dengan tren terkini, tidak mengherankan bahwa Cortex-A77 yang baru tidak hanya fokus pada peningkatan kinerja secara keseluruhan. Berkat kombinasi optimasi hardware dan software, Cortex-A77 sekarang menjanjikan kinerja pembelajaran mesin yang lebih baik juga.

ARM berpendapat sebagian besar smartphone saat ini tidak menggunakan prosesor saraf khusus. Menurut perusahaan, 85 persen smartphone saat ini menjalankan beban kerja pembelajaran mesin hanya dengan kombinasi CPU atau CPU + GPU. Dan bahkan ketika akselerator tersedia, CPU harus menyerahkannya ke akselerator, tidak peduli apakah itu GPU atau chip pembelajaran mesin khusus.

Seperti halnya dengan setiap generasi baru CPU ARM, Cortex A77 juga berjanji untuk lebih hemat daya dan menawarkan kinerja pemrosesan mentah yang lebih baik. ARM mengatakan ia telah mampu meningkatkan kinerja sebesar 4x sejak 2013.

Area lain yang dipertaruhkan ARM adalah game mobile, dan dengan ekstensi, mobile VR dan pengalaman AR. Arsitektur GPU Mail-G77 yang baru adalah arsitektur GPU pertama yang didasarkan pada desain GPU Valhall perusahaan dan menjanjikan peningkatan kinerja 1,4x dibandingkan G76.

Ini juga 30 persen lebih hemat energi dan 60% lebih cepat dalam menjalankan inferensi pembelajaran mesin dan beban kerja neural.

Untuk prosesor pembelajaran mesin, ARM mencatat ia sudah menawarkan Project Trillium, platform komputasi pembelajaran mesin heterogen yang berjalan dalam kombinasi dengan CPU perusahaan. Sejak mengumumkan Trillium tahun lalu, perusahaan telah berhasil meningkatkan efisiensi energi sebesar 2x dan meningkatkan kinerja hingga 8 core dan 32 TOP/s.

“Setiap pengalaman smartphone baru dimulai dengan kinerja dan fitur hardware yang lebih banyak untuk memungkinkan pengembang melepaskan inovasi software lebih lanjut,” catatan perusahaan dalam pengumuman hari ini.

“Untuk pengembang, CPU lebih penting dari sebelumnya karena tidak hanya menangani tugas komputasi umum serta banyak penghitungan ML perangkat yang harus berskala melampaui batas saat ini. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi AR/VR untehtered (tidak tembus) lebih mendalam, dan game HD on the go.”

Latest