Tuesday, April 23, 2019
Home Devices 5 Trik Ampuh Hemat Daya Baterai Kamera Profesional

5 Trik Ampuh Hemat Daya Baterai Kamera Profesional

-

Jakarta, Selular.ID – Di pasaran saat ini, hadir berbagai jenis kamera yang dapat mendukung kegiatan fotografi. Kamera DSLR masih menjadi pilihan bagi para fotografer profesional dalam menjalankan aktivitasnya. Sebab kamera DSLR memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh kamera lain.

Namun, cepat kehabisan daya adalah salah satu kekurangan yang dimiliki kamera DSLR. Terutama jika Anda sedang melakukan perjalanan yang tidak terdapat stop kontak, tentunya Anda tidak dapat mengisi ulang baterai kamera DSLR.

Tak hanya terjadi pada kamera SLR, cepat habis daya juga dialami kamera lain seperti pocket. Walaupun sejumlah produsen kamera telah menghadirkan beragam fitur canggih, namun tidak melakukan perubahan pada sistem daya dari kamera tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus melakukan beberapa langkah yang dapat menghemat daya baterai kamera seperti dilansir dari Lifehack berikut ini.

1. Aktifkan Power Saving Mode

Menu power saving mode yang tersedia pada kamera DSLR memang terbukti ampuh dalam menghemat daya baterai. Power saving mode ini memungkinkan kamera dalam mengurangi kecerahan dan kontras pada layar.

Kecerahan dan kontras yang berkurang tersebut, hanya mempengaruhi tampilan gambarnya saja, tidak mempengaruhi hasil jepretan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir bahawa hasil foto Anda kurang maksimal.

2. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Beberapa fitur tambahan seperti Image Stabilization dan Autofokus pada kamera memerlukan daya lebih yang dapat menyedot tenaga baterai. Terlebih lagi, jika kamera anda memiliki konektivitas GPS dan Wi-Fi.

Apabila GPS dan Wi-fi dibiarkan dalam keadaan stand-by, maka fitur ini akan terus mencari sinyal sehingga sangat menguras baterai. Sebaiknya, matikan fitur tersebut jika tidak digunakan sehingga dapat menghemat daya kamera.

3. Jangan Gunakan Flash

Menggunakan lampu flash pada kamera juga mampu menguras energi baterai. Untuk itu, nonaktifkan flash ketika tidak digunakan. Gunakan lampu flash jika memang dibutuhkan, terutama dalam kondisi minim cahaya dan malam hari.

Apabila mendesak, gunakan lampu flash yang built-in pada kamera. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan kemampuan Anda dalam mengatur ISO, Exposure dan Speed Shutter saat mengambil objek.

4. Matikan Sejenak Lalu Hidupkan Kembali

Ketika momen penting belum selesai diabadikan,namun daya baterai kamera sudah benar-benar habis, tentunya hal ini sangat menggangu. Jangan panik, matikan kamera Anda terlebih dulu, lalu nyalakan kembali untuk kembali mengambil gambar. Setelah dinyalakan kembali, maka Anda dapat mengabadikan momen tersebut, namun dalam waktu yang singkat.

5. Simpan Baterai dengan baik

Ketika tidak digunakan, ada baiknya copot baterai dari kamera Anda. Simpan baterai dalam kondisi suhu yang stabil. Jika anda sedang berpergian ketempat yang dingin, sebaiknya simpan baterai ditempat yang hangat.

Ini dapat membantu menjaga energi yang ada didalam baterai sehingga tidak terkuras. Penyimpanan baterai kamera dengan cara yang benar dan di tempat yang semestinya dapat menjaga daya tahan baterai sehingga lebih tahan lama.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest