Jakarta, Selular.ID – Pembayaran nontunai kian lazim digunakan masyarakat perkotaan Indonesia. Mayoritas masih menggunakan metode kartu, tetapi tidak sedikit yang memanfaatkan fitur NFC di smartphone untuk transaksi nontunai.

Hanya saja, fitur Near Field Communication (NFC) bukan fitur populer. Ia tersedia di segelintir smartphone saja, dan biasanya termasuk kategori premium alias mahal.

Nah, jika Anda menantikan smartphone ber-NFC yang ramah di dompet, pekan depan Nokia 3.1 Plus akan rilis di Indonesia.

“Nokia 3.1 Plus adalah penerus Nokia 3 (rilis 2017 di Indonesia) yang sudah dibekali sejumlah peningkatan dan tetap ada NFC,” kata Miranda Warokka, Head of Marketing Indonesia for HMD Global.

BACA JUGA:
[VIDEO] Unboxing Nokia 5.1 Plus

Selain NFC, Nokia 3.1 Plus juga mengusung beberapa fitur unggulan lainnya. Mulai dari layar lebar, kamera ganda, dan Android One.

Terlambat lima bulan, Nokia 3.1 Plus sudah diperkenalkan secara global Oktober silam. Perangkat menampilkan layar 6.0 inci dengan rasio aspek 18:9 dan resolusi HD+ 720×1.440 piksel.

Kamera ganda di belakang mempunyai modul utama 13MP f/2.0 bergabung dengan sensor kedalaman 5MP yang digunakan untuk efek bokeh. Kamera selfie 8MP dengan fokus tetap.

BACA JUGA:
Windows Phone Tamat, Nokia Tidak Pengaruh

Ada juga pembaca sidik jari di bawah dual cam, yang pertama di jajaran entry-level Nokia.

Nokia 3.1 Plus ditenagai chipset MediaTek Helio P22. Prosesor Octa-core Cortex-A53 memiliki clock lebih tinggi dari Nokia 3.1.

“Secara global, handset ditawarkan dalam dua konfigurasi dan tiga warna, namun di Indonesia hanya dua warna (Baltik & Blue) dan satu varian, RAM 3GB dan storage 32GB,” imbuh Miranda.

BACA JUGA:
Gandeng Pixelworks, Nokia Perbanyak Tampilan HDR

Dibekali tiga slot, pengguna bisa menyematkan kartu microSD hingga 400GB untuk ekspan ruang penyimpanan.

Dikombinasikan dengan baterai besar, 3.500mAh, Nokia 3.1 Plus menjanjikan masa pakai baterai 2 hari.

Mengenai harga, Miranda bungkam. “Tunggu saja minggu depan,” ucapnya.

Sebelum masuk Indonesia, Nokia 3.1 Plus lebih dulu mendarat di India. Di sana, perangkat ditawarkan dengan harga INR 11.500 atau setara Rp2,3 juta.