Thursday, April 25, 2019
Home Devices Smart Integration Dorong Pertumbuhan Wearable Device

Smart Integration Dorong Pertumbuhan Wearable Device

-

Jakarta, Selular.ID – Integrasi cerdas (smart integration) antara fashion dan fitur kesehatan, membuat perangkat yang dikenakan (wearable device) semakin popular.

Berbagai jenis perangkat yang dikenakan, seperti perangkat untuk telinga, gelang dan peningkatan adopsi dalam perawatan kesehatan, menjadi faktor pendorong penyerapan di pasar produk pakaian. Menurut kajian IDC, segmen ini diperkirakan akan tumbuh lebih dari 15% pada 2019.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan riset itu memperkirakan pengiriman akan tumbuh menjadi 198,5 juta unit pada akhir 2019, naik 15,3% dibanding 2018.

Melihat lebih jauh ke depan, IDC mengatakan pasar akan tumbuh menjadi 279 juta unit pada akhir 2023, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 8,9%.

Jitesh Ubrani, Manajer Riset IDC Mobile Device Trackers Unit, percaya bahwa munculnya asisten pintar di kedua perangkat yang dikenakan di pergelangan tangan dan telinga “adalah tren yang patut diperhatikan”.

“Meskipun masih dalam masa pertumbuhan, integrasi para asisten ini dengan perangkat yang dapat dikenakan membuka kasus penggunaan baru, mulai dari memungkinkan perangkat ini untuk terhubung ke dalam rumah pintar, membuat perangkat lebih proaktif, sekaligus mendesak pengguna untuk hidup lebih sehat dan lebih produktif”, paparnya.

Jika dibagi dalam segmen produk yang dapat dikenakan, jam tangan pintar (smartwatch) masih mengambil bagian terbesar dari pengiriman pada 2019, dengan 90,6 juta unit atau sekitar 45,6% pangsa pasar.

Berikutnya adalah ear wear, dengan 54,4 juta unit dan 27,4% pangsa pasar. Berikutnya adalah gelang kesehatan akan berjumlah 24,7%, dengan 49 juta perangkat.

Pakaian yang dapat dikenakan akan memiliki pangsa pasar 1,5%, dengan pengiriman 3 juta unit, dengan angka yang diperkirakan akan tumbuh menjadi 8,5 juta pada 2023.

IDC mengatakan perangkat ini, yang terdiri dari sepatu penghitung langkah dan produk serupa lainnya, sejauh ini telah populer di China. Namun perangkat ini mendapatkan daya tarik di pasar lain karena merek besar termasuk Nike dan Under Armor mendapatkan kemajuan.

Popularitas mereka akan meningkat di masa depan dengan lebih banyak aplikasi, karena perusahaan menggunakan pakaian untuk memantau karyawan, tambah IDC.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest