Jakarta, Selular.ID – Mengaktifkan ad blocker mungkin bisa menjamin aktivitas browsing Anda lebih mulus tanpa diganggu iklan. Namun hati-hati, jika Anda mengaktifkan Ad Blocker untuk layanan Spotify, bisa-bisa akun Anda yang dibasmi oleh platform.

Layanan streaming lagu global Spotify sekarang secara terang-terangan melarang pemblokir iklan, sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Layanan yang diperbarui pekan lalu.

Aturan baru secara khusus menyatakan “menghindari atau memblokir iklan di layanan Spotify, atau membuat atau mendistribusikan alat yang dirancang untuk memblokir iklan di Layanan Spotify” dapat mengakibatkan penghentian atau penangguhan akun Anda.

BACA JUGA:
Update Spotify Kompatible dengan iPhone XR dan XS Max

Layanan mengambil langkah tegas untuk membatasi penggunaan pemblokir iklan. Dalam laporan DigiDay dari Agustus lalu, juru bicara Spotify mengungkapkan perusahaan memiliki “beberapa langkah deteksi untuk memantau konsumsi pada layanan untuk mendeteksi, menyelidiki dan menangani [manipulasi buatan dari aktivitas streaming].”

Maret lalu Spotify melaporkan sebanyak 2 juta pengguna (sekitar 2 persen dari pengguna gratis Spotify) menghindari iklan dengan cara modifikasi akun. Saat itu Spotify mulai menindak dengan menonaktifkan akun ketika perusahaan mendeteksi aktivitas abnormal.

BACA JUGA:
Spotify Gulirkan Fitur Blokir dan Mute Musikus

Pengguna dikirimi email peringatan dan diberi kesempatan untuk mengaktifkan kembali akun mereka setelah menghapus instalasi perangkat lunak pemblokiran iklan. Bahkan dalam beberapa kasus, Spotify mengakhiri akun pengguna.

Nah, pada Ketentuan Layanan yang baru, yang mulai berlaku pada tanggal 1 Maret, akan memberi Spotify wewenang untuk segera mengakhiri akun, tanpa email peringatan.

BACA JUGA:
Pandora Kalahkan Spotify untuk Pemutaran Offline di Apple Watch

Maka dari itu, jika Anda tidak ingin akun Anda dihapus Spotify, pastikan Anda menonaktifkan Ad Blocker di aplikasi Spotify mulai sekarang.