Friday, September 20, 2019
Home News Startup Loket Prediksi 7 Tren di Industri Hiburan 2019

Loket Prediksi 7 Tren di Industri Hiburan 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Konsep O2O (Online-to-Offline) dalam industri hiburan akan semakin dikenal luas tahun ini. Hal itu diungkap Loket, perusahaan penyedia platform ticketing nasional, dalam laporan tahunannya mengenai prediksi tren yang digandrungi masyarakat di tahun 2019.

Anvid Erdian, VP Business Development Loket, mengungkapkan, “Ada tujuh insight menarik soal industri hiburan. Insight ini berangkat dari hasil analisa kami terhadap pertumbuhan event-event hiburan yang berlangsung selama 2018 serta data-data terkait kami miliki selama lima tahun terakhir dalam industri ini.”

Tujuh insight menarik yang akan menjadi tren di tahun 2019 menurut Loket adalah:

Inovasi
Inovasi yang kian maju dan berkembang semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjelajah event-event baru secara lebih cepat dan personal. Tren ini sudah mulai terlihat di tahun lalu, dimana penjualan tiket di Loket melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan.

“Untuk penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500%, penjualan tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%,” jelas Anvid.

Kemudahan yang dihadirkan dari hasil inovasi teknologi menurut Anvid turut membantu dan memberikan rasa nyaman pengguna dalam menikmati event-event tersebut.

Konsep O2O
Selain inovasi teknologi, di tahun ini Loket memprediksikan bahwa konsep O2O (Online-to-Offline) akan semakin dikenal luas. Hal ini tercermin dari proses pemesanan tiket secara online dengan pembayaran offline yang semakin populer, terutama pada masyarakat yang belum memiliki akses ke pembayaran digital.

Kemudahan yang dihadirkan dalam konsep ini secara perlahan juga mendorong konsumen semakin akrab dengan teknologi layanan pembelian tiket online.

Data Analytic
Data analytic juga akan berperan sangat strategis dalam membuka konversi baru penyelenggaraan event. Karena dapat dikatakan ini adalah panduan utama para Event Creator untuk mempelajari event yang telah berlangsung guna mendapatkan hasil maksimal untuk penyelenggaraan event berikutnya.

“Melalui data analytic, Event Creator akan mendapatkan gambaran secara tepat mengenai banyak hal, seperti waktu terbaik untuk menjual tiket, kota yang menjual tiket terbanyak, tipe pembayaran yang paling banyak digunakan hingga produk favorit yang dibeli selama acara berlangsung,” jelas Anvid.

Cashless
Anvid meyakini bahwa positifnya pertumbuhan industri ini tidak lepas dari pertumbuhan generasi milenial usia 20–35 tahun yang jumlahnya mencapai 63 juta sebagai konsumen terbanyak industri hiburan. Jumlah tersebut merupakan pasar terbesar bagi industri hiburan hingga beberapa tahun kedepan.

Sebagai generasi yang akrab dengan teknologi, milenial lebih mudah beradaptasi dengan inovasi-inovasi yang hadir di industri hiburan. Hal ini yang kemudian mendorong pola pembelian tiket online dan pembayaran cashless semakin populer ke depan.

Karakteristik milenial yang menyukai nilai praktis dan efisien terpenuhi jika transaksi dapat dilakukan cukup dengan menggunakan smartphone.

“Di Loket, kami secara bertahap telah menerapkan hal ini secara end-to-end, guna memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen. Jadi, tidak hanya dari segi pemesanan, pembelian dan pembayaran, tetapi juga termasuk segala transaksi selama event berlangsung,” jelas Anvid.

Komunikasi lebih baik
Dengan semakin mudahnya masyarakat terhubung dengan event-event hiburan melalui teknologi, Loket menilai bahwa Event Creator akan memiliki komunikasi lebih baik dan terlibat langsung dengan konsumen akhir melalui smartphone.

Konsep Self Service Platform
Selain itu, konsep self-service, yang diperkenalkan Loket pada pertengahan tahun lalu juga akan membuat pengelolaan event berskala kecil dan menengah terasa lebih profesional layaknya event skala besar.

Ticketing Management System (TMS)
Terakhir, melihat dari pertumbuhan positif pada industri ini, salah satunya subsektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dan Theme Park, akan lebih banyak berinvestasi pada teknologi Ticketing Management System (TMS) untuk mengakomodasi pengunjung.

“Kami harap ke depan Loket dapat terus membantu lebih banyak Event Creator untuk lebih aktif berkarya dalam menciptakan kegiatan-kegiatan positif yang secara bersamaan mampu meningkatkan ekonomi di sekitar mereka yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Anvid.

Latest