Tuesday, October 15, 2019
Home News Market Update Sodok Apple, Huawei Raih Posisi Kedua di Pasar Global

Sodok Apple, Huawei Raih Posisi Kedua di Pasar Global

-

Jakarta, Selular.ID – Menutup tahun 2018 ini, Huawei berhasil menjual lebih dari 200 juta smartphone selama secara global. Dikutip dari GSMArena, dibandingkan tahun 2017 lalu, penjualan semua smartphone Huawei meningkat sebesar 30%. Tahun lalu penjualan smartphone Huawei hanya mencapai 153 juta unit.

Berdasarkan data Nikkei Asian Review, seri P20 banyak membantu meningkatkan penjualan smartphone Huawei secara global. Terbukti dengan P20 series yang laris manis di pasaran.

Berkat pencapaian ini, Huawei berhasil menjadi ke posisi kedua secara global. Bahkan Huawei mampu menyodok posisi Apple secara global.

Nikkei Asian Review menyebutkan bahwa Huawei menguasai 10,4% dari pasar global pada 2017. Menurut IDC, Samsung masih menjadi pemimpin pasar smartphone global. Namun, Huawei berhasil berada di urutan kedua pada kuartal kedua (Q2) dan kuartal ketiga (Q3).

Di Indonesia sendiri penjualan semua smartphone Huawei mencapai 100 juta unit selama 2018. Ini menunjukan Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan untuk Huawei.

Namun, jika Huawei berhasil meningkatkan penjualan di Cina, Eropa, dan Afrika, maka bukan untung yang didapat raksasa teknologi asal China ini. Melainkan Huawei akan dicekal di beberapa negara seperti Kanada, Australia dan Amerika Serikat. Sebab negara tersebut memang melarang Huawei memasarkan produknya karena ada beberapa kasus yang terjadi beberapa waktu lalu.

Jika itu terjadi, maka penjualan smartphone Huawei di tahun 2019 mendatang akan melemah. Sejumlah lembaga riset seperti IDC juga memprediksikan industri smartphone secara global di tahun 2019 mendatang tidak secerah 2018 ini.

Latest