Jakarta, Selular.ID – Pengguna Line sebentar lagi bisa berkirim uang lewat platform chat mereka. Pasalnya, Line mengumumkan melalui anak perusahaannya Line Financial Asia, akan mengakuisisi 20% saham di PT Bank KEB Hana Indonesia.

Langkah ini diambil guna memperluas layanan perbankan digital Line di nusantara dan wilayah Asia lainnya.

Melalui perjanjian ini, Line Financial Asia akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di PT Bank KEB Hana, menambahkan perbankan digital sebagai bagian dari ragam layanan dan konten Line yang dinikmati oleh penggunanya di tanah air.

Line merupakan salah satu platform pertukaran pesan populer di Indonesia, dan PT Bank KEB Hana adalah perbankan multinasional yang dianggap sukses dalam menjangkau nasabah lokal di Indonesia.

BACA JUGA:
Line Today Sajikan Konten Baru, Ini Fiturnya

Dengan populasi sekitar 260 juta jiwa dan terdiri dari 18 ribuan pulau, masih terdapat daerah-daerah di Indonesia yang tidak terjangkau oleh jasa perbankan.

Di lain sisi, jumlah pengguna ponsel pintar (smartphone) di Indonesia telah melebihi 100 juta orang dengan penggunaan jejaring media sosial atau Social Network Service (SNS) yang sangat tinggi, sehingga memiliki potensi perkembangan perbankan digital yang tinggi.

Sedangkan bagi Line Financial Asia, perjanjian ini memperkuat posisi perusahaan di Indonesia dan di tingkat global seiring dengan pertumbuhannya sebagai penyedia layanan fintech dan perbankan digital.

BACA JUGA:
Gandeng Line, Tencent Terjun Ke Bisnis Mobile Payment di Jepang

Bersama-sama, kedua perusahaan juga berencana untuk menerapkan dan meningkatkan model penilaian kredit untuk Indonesia seperti deposito/kredit mikro, serta layanan pengiriman dan pembayaran, melalui proyek-proyek dengan lembaga pemeringkat kredit lokal dan internasional, menciptakan proses verifikasi identitas (e-KYC) yang dioptimalkan untuk peraturan lokal, dan langkah lainnya.

​“Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia,” ujar CEO Line Financial Asia In Joon Hwang.

BACA JUGA:
Webtoon BTS Rilis di Indonesia

“Perjanjian ini merupakan langkah yang penting dalam menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan fintech kami.”

​​“Kami percaya bahwa teknologi digital canggih Line dan pengalaman perbankan ritel milik KEB Hana Bank akan menjadi masa depan industri perbankan, dan menunjukkan model financial baru yang dimulai di Indonesia,” ucap Direktur Utama PT Bank KEB Hana Lee Hwa-Soo.

Line Financial Asia akan secara resmi melakukan finalisasi perjanjian dengan PT Bank KEB Hana setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan, dan segera mempersiapkan peluncuran layanan perbankan digital yang diperkirakan tersedia di tahun 2019.