Friday, July 19, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Realme 2, Si Pendatang Baru Berkinerja Powerfull

Review Realme 2, Si Pendatang Baru Berkinerja Powerfull

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar smartphone Indonesia kembali kedatangan sang pendatang baru yakni Realme. Realme baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yakni Realme 2 di Indonesia. Sebelum Indonesia, India menjadi negara pertama yang beruntung mendapatkan jatah Realme 2 lebih dulu.

Realme 2 merupakan ponsel perdana Realme yang diboyong ke Indonesia. Realme sendiri merupakan sub brand Oppo. Namun, Realme sendiri sudah berdiri sendiri dan memisahkan dengan Oppo di Indonesia.

Meskipun smartphone entri level, Realme 2 mengusung spesifikasi dan fitur andalan seperti layar FullScreen, desain notch, irit daya, teknologi AI hampir di segala aspek, fitur security dan banyak lagi. Dari segi desain, spesifikasi dan fitur pun tidak jauh berbeda dengan smartphone Oppo, khususnya A3s.

Ponsel ini hadir dalam dua konfigurasi penyimpanan yakni RAM 3GB dengan ROM 32GB dan RAM 4GB RAM dengan ROM 64GB.

Harganya, Realme 2 varian RAM 3GB dan ROM 32GB dibanderol seharga Rp 1.999.000. Sedangkan varian RAM 4GB dan 64GB dilepas seharga RP 2.399.000.

Realme 2 tersedia dalam 3 varian warna yakni Diamond Black, Diamond Blue dan Diamond Red. Kali ini Redaksi Selular.id berkesempatan mengulas lebih dalam Realme 2 model RAM 4GB dengan varian warna Diamond Red. Yuk kita simak.

Desain

Dari segi desain, warna Diamond Red memberikan kesan premium nan elegan pada Realme 2. Body belakang ponsel ini menggunakan 12 lapisan material nanoscale composite. Casing-nya dilapisi tempered glass berukuran nano 2.5D.

Casing belakang Realme 2 menghasilkan efek cahaya dan bayangan seperti berlian. Kombinasi warna merah dengan bahan tempered glass menghasilkan refleksi warna yang indah. Jika diletakkan di bawah sinar matahari, warnanya akan berubah-ubah (capricious).

Meskipun dilapisi tempered glass, Realme 2 tidak licin ketika digenggam. Dengan dimensi dan bobot 156.2×75.6×8.2mm dan 168g, Realme 2 cukup nyaman ketika digenggam tidak terlalu berat.

Terlebih dengan sudut lengkung di sekujur tubuh nya menambah kenyamanan saat digenggam. Ketika dimasukan ke saku celana juga masih pas.

Layar seluas 6,2 inci terpampang di bagian depan ponsel ini. Diatas layar terpatri notch sebagai wadah untuk menampung kamera selfie 8 MP, speaker receiver, LED Notification dan sensor proximity. Bagian depan gawai ini terlihat lebih luas berkat ukuran layar lebih besar dan notch.

Kamera utama ganda beresolusi masing-masing 13MP dan 2 MP terpasang di bagian belakang gawai ini. Masih di bagian belakang, terdapat pula LED Flashm, sensor fingerprint dan logo Realme.

Sisi kiri dijumpai volume up and down serta slot MicroSD. Sedangkan sisi kanan hanya ditemui tombol power.

Bagian bawah ponsel ini ditemui sebuah speaker, port USB, port mic dan jack audio 3,5mm. Sementara bagian atas ponsel ini polos saja, tidak ditemukan apa-apa.

Kamera

Kamera utama ganda beresolusi 13MP dengan aperture F2.2 dan 2MP dengan aperture F2.4 disematkan di bagian belakang ponsel ini. Sementara kamera selfie-nya didukung resolusi 8MP dengan aperture F2.2. Baik kamera utama maupun depan didukung teknologi AI.

Tampilan kamera utama maupun selfie-nya terihat simpel. Untuk kamera utama terdapat mode photo, portrait, sticker dan panorama. Di mode photo terdapat filter seperti matcha, autumn, lime, puff, fantasy castle, balck coffe, lov letter, 2046, chungking dan cranberry.

Filter ini juga bisa digunakan di kamera selfie. Bedanya, filter yang disajikan lebih banyak yang mencakup matcha, autumn, lime, puff, fantasy castle, balck coffe, mousse, grapefruit, blueberry dan cheese.

Anda bisa mengaktifkan mode HDR untuk mendapatkan hasil foto dengan warna yang tajam dan detail.

Untuk membuktikannya, Redaksi Selular.ID mencoba kamera utama Realme 2.

Ketika di dalam ruangan maupun luar ruangan, hasilnya cukup baik asalkan cahaya-nya cukup. Komposisi warna yang dihasilkan cukup natural dan tajam.

Namun dalam kondisi cahaya berlebih, hasilnya kurang optimal. Saat kondisi minim cahaya, hasilnya kurang baik. Noise-nya masih terlihat.

Ketika malam hari, baik di dalam maupun luar ruangan hasilnya cukup baik, asalkan cahayanya cukup. Mungkin Anda bisa mengandalkan LED Flash untuk mensiasatinya.

Disisipi Mode 1x zoom dan 2x zoom pada kamera utama. Hasil foto dengan mode 2x zoom tidak pecah ketika di-zoom. Mode ini hanya berlaku pada kamera utma.

Anda juga bisa membuat efek bokeh menggunakan mode portrait. Namun, Anda tidak bisa mengatur level dari efek bokeh yang dihasilkan. Efek bokeh yang dihasilkan masih kurang optimal.

Diselipi beragam pilihan sticker yang dapat Anda pilih. Mode sticker ini dapat digunakan di kamera utama maupun selfie.

Kamera selfie-nya didukung fitur AI Beauty 2.0 yang meliputi beauty upgrade dan smart group photographing recognition mampu membedakan pria dan wanita melalui kamera. Fitur ini mampu mengidentifikasi 296 titik wajah. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar hingga empat orang dalam satu frame, dengan hasil beautification yang disesuaikan dengan jenis kelamin masing-masing.

Fitur AI Beauty 2.0 ini bisa bekerja di kamera utama maupun selfie. Fitur ini memang ditujukan untuk foto objek manusia dengan kamera utama maupun selfie. Anda bisa mengatur sendiri level efek beauty yang diinginkan dari 1 sampai 6 pada icon manusia. Untuk kamera depan tersedia mode AI pada menu beauty dan level-nya sama dari 1 sampai 6.

Kami menguji fitur A.I Beautification ini baik menggunakan kamera selfie maupun kamera utama. Ketika berada di dalam ruangan dan kondisi cukup cahaya, hasilnya cukup baik. Efek beauty nya tidak berlebihan sehingga foto masih terlihat alami.

Namun, ketika berada di luar ruangan, hasilnya belum maksimal. Foto yang dihasilkan terlihat lebih terang dan terksesan tidak alami. Sementara di kondisi malam hari ataupun minim cahaya apalagi di luar ruangan, hasilnya jauh dari kata sempurna.

Noise masih terlihat jelas. Ketika disiasati dengan LED Flash pun hasil selfienya belum maksimal. Namun, ketika selfie low-light menggunakan LED Flash jauh lebih baik dibandingkan tidak menggunakan LED Flash.

Dalam mode photo pun tanpa menggunakan efek beauty, hasil foto selfie ketika outdoor dan cahayanya cukup masih belum memuaskan. Warna yang dihasilkan kurang natural dan terlihat lebih terang. Terkadang wajah dan langit nyaris terlihat sama warna putih-nya.

Anda juga bisa membuat foto selfie dengan efek bokeh. Caranya dengan memilih mode depth effect untuk efek bokeh.

Untuk video, tersaji menu video dan time-lapse untuk kamera utama maupun selfie. Ada dua pilihan resolusi yang bisa dipilih yakni 720p dan 1080p. Video yang dihasilkan cukup baik menggunakan resolusi 720p dan 1080p.

Anda juga bisa menggunakan efek beauty pada video dengan kamera belakang dan depan. Video yang dihasilkan kamera utama maupun selfie cukup baik. Mode time-lapse pada kamera utama dan kamera selfie tidak memiliki batasan waktu sehingga Anda dapat leluasa dalam merekam video.

Layar

Realme 2 dibekali layar Full Screen berukuran 6,2 inci dengan resolusi 1520x720p. Layar ini memiliki aspek rasio 19:9 dan screen-to-body-ratio 88,8%.

Desain notch pada Realme 2 memberikan kesan layar yang lebih luas. Melindungi dari goresan, layar ini dilapisi Corning Third Generation Glass.

Layar Realme 2 dapat di kustomisasi untuk aplikasi seperti WeChat, WhatsApp, Messenger, SMS dan Line tanpa perlu keluar dari halaman utama seperti ketika bermain game atau menonton video.

Layar ini menghasilkan 16.7 juta warna sehingga wajar jika warna-nya terlihat lebih tajam. Ketika kami Redaksi Selular.ID mencoba menonton video dan bermain game, tampilan warna yang dihasilkan cukup tajam. Kami mencoba menonton video di YouTube dengan resolusi video Full HD 1080p, hasilnya cukup memuaskan.

Namun, ketika kami bermain game, notch ini terasa mengganggu, meskipun tampilannya lebih luas. Karena control pada game terhalang oleh notch.

Jika Anda merasa terganggu, Anda bisa mengatur mode notch pada menu setting>Display&Brightness>App Display in Full-screen>Notch Area Display Control. Anda dapat memilih aplikasi yang menggunakan mode notch ini, terutama game.

Agar layar terlihat lebih luas, Anda dapat mengaktifkan mode full screen mulktitasking. Caranya, kunjungi menu Smart & Convenient>Full Screen Multitasking.

Anda juga dapat mengatur kecerahan layar pada menu setting ataupun notification tray. Mode Night Shiled juga dapat Anda gunakan untuk melindungi mata Anda.

Agar layar terlihat lebih luas, Anda bisa menyembunyikan navigation key. Anda juga bisa memunculkan navigation key tersebut.

Untuk menyembunyikan dan memunculkan navigation key, Anda bisa kunjungi menu setting>navigation key, lalu pilih virtual navigation keys can be hidden.

Disertakan mode split screen pada Realme 2 yang memungkinkan Anda menikmati dua aplikasi secara bersamaan. Tapi, hanya beberapa aplikasi yang dapat mendukung mode ini seperti YouTube, Google dan lainnya. Cara mengaktifkannya, cukup dengan menggeser layar ke atas menggunakan 3 jari. Atau dengan cara menahan tombol recent app.

Layar Realme 2 dapat secara otomatis berputar. Anda dapat menonaktifkannya di portrait lock pada notification tray.

Software dan UI

Gawai ini berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo berbalut Color OS versi 5.1. Tampilan antarmukanya masih menggunakan UI khas Oppo yakni ColorOS. Tampilan ColorOS 5.1 terlihat simpel.

Di bagian atas, terdapat notification tray yang memuat semua notifikasi dan sejumlah pengaturan. Mulai dari Wi-Fi, mobile data, sound, Bluetooth, flashlight, boost, calculator, night shield, Realme Share, location, portrait lock, power saving, screen recording dapat Anda atur di notification ray. Anda juga dapat mengatur brightness.

UI ini membawa sejumlah fitur menarik seperti Kids Space dan Applock. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengontrol sang buah hati saat menggunakan Realme 2.

Anda bisa menambahkan aplikasi yang Anda rasa cocok untuk si buah hati. Cukup tap Apps allowed to be accessed, lalu pilih aplikasi yang Anda inginkan.

Fitur app lock juga dapat Anda gunakan untuk mengunci aplikasi yang Anda inginkan. Agar tidak semua orang dapat mengakses aplikasi yang Anda proteksi, termasuk anak Anda.

Realme 2 tidak banyak membawa aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan yang terintegrasi dengan sistem seperti Game Space dan Music Party hadir di gawai ini. Aplikasi bawaan Google seperti Google, Chrome, Gmail, Maps, YouTube, Drive dan lainnya sudah pasti hadir di Realme 2.

Aplikasi bawaan lainnya yang disematkan di ponsel ini adalah Facebook, Babe, UC Browser, Zalo, Zing MP3 dan Lazada. Empat aplikasi tersebut sudah di-install dari awal pembelian Realme 2. Jika Anda tidak suka, Anda bisa uninstall aplikasi tersebut. Dari segi software, UI dan fitur Realme 2 masih mengadopsi fitur Oppo.

Game Space

Game space Realme 2

Fitur game space yang ada pada Realme 2 ini sebelumnya sudah ada di smartphone Oppo. Game space menghadirkan fitur Game Engine, Smoothness Optimization, Network Pretection dan Answer Call With Ease.

Fitur Game Engine mampu memaksimalkan kinerja Realme 2 saat bermain game. Smoothness Optimization mampu membantu membuat tampilan grafis terlihat mulus saat bermain game berat seperti AOV, PUBG, Mobile Legend: Bang Bang.

Ketika bermain game online seperti Arena Of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legend: Bang Bang yang membutuhkan koneksi yang stabil, networking protection dan Answer Call With Ease cukup bisa diandalkan. Fitur networking protection mampu menstabilkan jaringan saat bermain game online.

Anda tidak perlu khawatir jika ada panggilan masuk ketika bermain game, karena ada fitur No Disturbance dalam mode game acceleration. Fitur ini sangat berguna sekali ketika memulai pertempuran dalam game online tersebut.

Fitur No Disturbance ini menampilkan panggilan telepon yang masuk sebagai notifikasi. Terdapat opsi untuk segera merespon panggilan atau lanjut bermain.

Anda dapat menjawab panggilan masuk saat bermain game tanpa mengganggu permainan. Anda juga dapat menjawab panggilan masuk setelah permainan selesai. Anda juga dapat mengatur game space di menu setting untuk pengalaman gaming terbaik.

Fitur game space sudah mendukung semua jenis game. Anda bisa menambahkan game yang Anda inginkan. Caranya cukup klik ikon + pada aplikasi game space.

Hardware dan Performa

 

Dapur pacunya, Realme 2 diperkuat chipset Snapdragon 450 dipadukan prosesor Octa-core 1.8GHz dan GPU Adreno 506. Konfigurasi storage yang kami gunakan adalah RAM 4GB RAM dengan ROM 64GB. Penyimpanan-nya bisa diperluas dengan microSD card berkapasitas hingga 256 GB.

Untuk menguji performa Realme 2, kami Redaksi Selular.ID mencoba serangkaian tes seperti Benchmark, bermain game, menonton video, mendengarkan musik dan lainnya. Aplikasi Benchmark yang kami gunakan meliputi AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench. Kami memanfaatkan fitur game space ketika melakukan tes benchmark tersebut.

Saat menjalani tes AnTuTu, Realme 2 sanggup melewatinya dengan lancar. Realme 2 meraih skor 74032 dengan peringkat ke 51.

Ketika menjalani tes 3D Mark, ada sedikit lag pada proses rendering. Padahal kami sudah menggunakan fitur game space, namun hasilnya masih kurang maksimal.

Namun, ketika menggunakan fitur game space, hasilnya jauh lebih baik daripada tidak menggunakan game space. Hasilnya, Realme 2 meraih skor 12893 untuk tes Ice Storm Unlimited.

Untuk tes PC Mark, Realme 2 sanggup menjalaninya dengan baik. Tercatat, skor yang diraih Realme 2 pada tes Work 2.0 Performance adalah 5012.

Selanjutnya, tes Geekbench Realme 2 juga mampu menjalaninya dengan baik. Untuk tes Single-Core, Realme 2 meraih skor 777 dan tes Multi-Core 3730.

Kami mencoba bermain game Arena Of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Need For Speed No Limits, Dynasty Warriors: Unleashed, SimCity dan Contra Return. Realme 2 sanggup melibas semua game tersebut dengan lancar.

Arena Of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legend: Bang Bang memiliki setting grafis tertinggi. Kami mencoba bermain dengan setting grafis tertinggi. Hasilnya, mulus dan lancar.

Khusus PUBG, game ini mampu menyesuaikan tingkat grafis dengan spesifikasi ponsel pada pertama kali game di-install. PUBG mendeteksi Realme 2 untuk kualitas grafis Low yang berarti paling rendah.

Anda bisa menyesuaikan grafis PUBG di menu setting. Kami menggunakan settingan tertinggi dengan resolusi Balanced dan frame rate Medium.

Hasilnya cukup lancar, tidak lag dan patah-patah serta tidak ada mozaik. Kemungkinan fitur game space sudah bekerja dengan optimal. Ketika bermain game terus-menerus selama kurang lebih 7 jam, Realme 2 terasa hangat.

Ketika bermain game PUBG, kami mengalami sedikit kendala tidak bisa login baik menggunakan Facebook, Twitter, Google Play Games dan Guest. Karena server Indonesia tidak terdeteksi. Untuk bisa bermain PUBG, kami menggunakan VPN Server pihak ketiga.

Game lainnya tidak ada masalah. Ketika digunakan untuk bermain game secara terus-menerus ponsel ini terasa hangat.

Uji audio, kami menonton video, video musik, film di YouTube serta mendengarkan musik menggunakan aplikasi music bawaan Realme yakni Zing MP3 dan Spotifiy. Suara yang dihasilkan cukup jernih ketika menggunakan mode loudspeaker.

Terlebih jika menggunakan earphone. Karena dengan menggunakan earphone, Anda dapat menemukan pengaturan khusus di menu setting>Real Sound Technology. Anda bisa memilih Sound Equalizer seperti Pop, Rock, Metal, Dance, Jazz, Hiphop, Classical, Country, Blues, Electro serta Anda dapat mengatur sendiri.

Anda juga dapat mengaktifkan mode Real HD Sound untuk kualitas suara yang lebih baik. Namun, fitur sound ini hanya bisa digunakan jika menggunakan earphone.

Fitur ini juga tidak bekerja jika Anda mendengarkan musik di YouTube. Sayangnya, Realme tidak menyertakan earphone bawaan Realme 2 pada paket pembelian.

Irit daya

Baterai Realme 2

Sumber energinya, Realme 2 ditenagai baterai berkapasitas cukup besar yakni 4.230mAh. Karena memiliki baterai berkapasitas besar, waktu pengisian dayanya memakan waktu 2,5 jam dari kondisi baterai low di bawah 20%. Ketika di charge dalam kondisi diatas 20%, baterai ini membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam.

Dukungan AI Power Manager pada Realme 2 mampu menghemat daya ponsel. Teknologi ini mampu mengoptimalkan konsumsi daya aplikasi dan mengontrol jumlah inti prosesor yang harus digunakan untuk menghindari pemborosan daya.

Fitur APP-freezing Power Saver secara cerdas membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan dan memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini mampu menghemat daya sebesar 5% -11%. Hadir pula fitur Quick App Freezing AI Power Manager dapat menempatkan aplikasi latar belakang dalam folder quick-freezing untuk secara efektif memutus sambungan yang tidak berarti untuk menghemat daya.

Untuk menguji ketahanan baterai, Kami Redaksi Selular.ID menggunakan aplikasi PC Mark dalam menu Work 2.0 Battery Life. Setelah menjalani tes PC Mark Work 2.0 Battery Life, Realme 2 mampu bertahan hingga 14 jam 11 menit.

Selain menggunakan aplikasi, kami juga menguji ketahanan baterai Realme 2 dengan bermain game, menonton YouTube, mendengarkan musik, browsing internet, sosial media, pesan instan dan kebutuhan harian lainnya. Dalam keadaan standby dan tidak digunakan sama sekali, Realme 2 mampu bertahan hingga 44 jam atau hampir dua hari.

Jika digunakan untuk kebutuhan harian seperti browsing internet, email, pesan instan dan lainnya, Realme 2 mampu bertahan hingga seharian penuh atau sekitar 24 jam. Ketika digunakan untuk streaming video tanpa jeda, ponsel ini mampu bertahan hingga 10 jam.

Untuk browsing internet secara terus-menerus, Realme 2 mampu bertahan hingga 12 jam. Saat bermain game secara terus-menerus, gawai ini mampu bertahan antara 7 hingga 8 jam.

Dukungan fitur AI Battery Management membuat daya tahan Realme 2 semakin irit. Anda juga bisa mengunjungi menu setting>battery>power saving untuk menghemat daya baterai.

Fitur Lain

Realme 2 mengusung sejumlah fitur menarik lainnya seperti Smart Assistant. Fitur ini didukung teknologi AI yang dapat membantu Anda mengoperasikan Realme 2. Fitur ini menyajikan menu prakiraan cuaca, step tracker, favorit kontak dan sebagainya. Anda bisa mengatur langkah Anda di menu step tracker dalam kurun waktu harian, mingguan dan bulanan.

Hadir pula fitur screen recording yang dapat meng-capture video pada layar Realme 2. Fitur screen recording dapat Anda aktifkan di notification tray ataupun menu setting.

Soal keamanan, Realme 2 disokong face unlock, fingerprint, pattern dan password. Kemampuan face unlock membuka kunci wajah cukup cepat dibawah 1 detik. Face unlock ini mampu membuka wajah meskipun menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi dan sebagainya.

Meskipun pada saat mendaftarkan wajah pada face unlock, tidak menggunakan aksesoris, ketika membukanya bisa memakai aksesoris. Di tempat gelap pun, face unlock ini mampu mendeteksi wajah Anda.

Sensor fingerprint pada Realme 2 juga mampu membuka ponsel dengan cepat, dalam waktu dibawah 1 detik.

Fitur Smart Driving pada Realme 2 akan mengetahui secara otomatis ketika Anda sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Ketika Smart Driving dinyalakan, perangkat akan mendukung mode Do Not Disturb saat ada telepon atau aplikasi messenger untuk keamanan saat berkendara.

Konektivitas

Hasil Speed Test Realme 2

Soal konektivitas, Realme 2 disokong Realme Share, Wifi 2.4G, Bluetooth 4.2, GPS, dua buah slot SIM Card, sebuah slot MicroSD, sebuah port microUSB 2.0, USB On-The-Go serta jaringan 4G/3G/2G. Untuk menguji jaringan 4G, kami menggunakan aplikasi SpeedTest besutan Ookla. Provider yang kami gunakan kali ini adalah Indosat.

Kecepatan download yang dihasilkan adalah 24.9Mbps dan upload 29.9Mbps. Hasil lainnya di SpeedTest mencakup Ping 29ms, Jitter 4ms dan loss 0%. Untuk uji jaringan, tentunya tergantung jenis provider yang digunakan.

Kami juga menguji jaringan dengan menelpon seseorang. Suara yang dihasilkan cukup jernih.

Ketika kami mencoba transfer file lewat Bluetooth maupun kabel data juga cukup cepat. Realme 2 juga dilengkapi sensor lain seperti Light Sensor, G-sensor, Acceleration sensor, Magnetic induction dan Proximity Sensor.

Kesimpulan

Daya tahan Realme 2 memang sangat irit bisa bertahan dalam waktu seharian penuh selama 24 jam dalam penggunaan harian. Performa Realme 2 cukup memuaskan ketika bermain game, mendengarkan musik, menonton video dan lainnya. Namun, ketika digunakan seharian untuk melakukan aktivitas secara terus menerus, ponsel ini masih terasa panas.

Desain Realme 2 terlihat elegan dengan material komposit berjenis tempered glass berbalut warna diamond red. Layar Realme 2 lebih luas dan tajam sehingga cocok untuk menonton video.

Teknologi AI pada Realme 2 kami rasa sudah cukup optimal, terkecuali pada kamera. Teknologi AI pada kamera utama maupun selfie kami rasa kurang optimal.

Karena kamera utama maupun selfie belum bisa mengenali objek, kondisi cahaya dan lain sebagainya. Ketika dalam kondisi pencahayaan yang cukup baik di indoor, outdoor, siang maupun malam, foto yang dihasilkan kamera utama maupun selfie cukup diandalkan.

Fitur keamanan seperti face unlock, fingerprint, app lock dan kids space sangat cocok digunakan untuk para orang tua ataupun yang membutuhkan fitur keamanan extra. Kesimpulannya, Realme 2 cocok digunakan oleh generasi milenial dan orang tua yang hobi bermain game dan kegiatan multimedia serta membutuhkan fitur keamanan tinggi.

Latest