Friday, April 19, 2019
Home News Market Update Q2 2018 Penjualan Online Smartphone di India Capai 35%

Q2 2018 Penjualan Online Smartphone di India Capai 35%

-

Jakarta, Selular.ID – Canalys menerbitkan analisis rinci tentang pasar smartphone di India. Menurut lembaga riset tersebut, 35% dari seluruh penjualan dilakukan secara online, tumbuh lebih dari 65% dari periode sama tahun lalu.

Jumlah total perangkat yang terjual secara online lebih dari 12 juta unit. Meskipun tidak sebanyak angka mutlak, jumlah itu menunjukkan peningkatan besar dalam kebiasaan online konsumen India.

Platform terkemuka yang digunakan dalam Q2 adalah Flipkart, Amazon, dan lainnya yang mengambil 91% dari saham, sementara 9% lainnya adalah website resmi vendor.

Ditinjau dari persentase brand, ponsel Xiaomi mengambil porsi terbesar 54% dari total, diikuti Samsung dan Huawei, masing-masing 13% dan 7%.

TuanAnh Nguyen, seorang analis di Canalys, mengatakan akuisisi Walmart terhadap Flipkart dan investasi Alibaba ke dalam platform PayTM “menanamkan optimisme yang dibutuhkan industri (belanja online), karena smartphone menjadi produk paling populer yang dijual di platform, mendapatkan manfaat langsung dari investasi ini.”

Dua peritel utama Flipkart dan Amazon diharapkan bisa meningkatkan kinerja mereka dan memberikan penawaran yang agresif pada bulan perayaan di India November mendatang.

Pemicu utama ledakan besar dalam penjualan online adalah merek yang berorientasi online seperti Xiaomi Pocophone dan Oppo Realme yang kemungkinan akan meningkatkan pengiriman pada Q3 dan Q4.

Pasar offline masih memegang bagian penjualan smartphone yang lebih besar di India, tetapi Canalys memprediksi perubahan akan datang.

Canalys juga menggaribawahi Asus yang sukses bertransformasi dari distribusi offline ke online hanya dalam beberapa bulan saja, telah membantu perusahaan Taiwan itu melipat-tigakan pengiriman Q2 dan menguatkan rekor kinerja pada Q3 2018.

Merek lain yang dilihat Canalys akan terus meningkatkan kinerjanya adalah Xiaomi dengan dominasi besar dan Samsung dengan program diskon. Kendati begitu, Canalys menyatakan pemenang nyata dalam kompetisi ini adalah platform e-commerce setempat: Amazon dan Flipkart.

Must Read

Skala dan Interoperabilitas Jadi Alasan LG Tunda Peluncuran Smartphone 5G

Jakarta, Selular.ID - LG Electronics dilaporkan menunda peluncuran smartphone 5G pertamanya secara komersial, V50 ThinQ 5G, dengan alasan perusahaan...