Jakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu, gempa berkekuatan dahsyat dengan 7,4 skala richter dan tsunami mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Gempa dahsyat tersebut telah menelan banyak korban.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa jumlah korban jiwa terus meningkat. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 2.000 orang meninggal dunia. Sementara 10.000 orang mengalami luka-luka.

Sisanya, 16.000 orang kehilangan tempat tinggal karena gempa bumi. Total 2,4 juta orang di Donggala dan Palu membutuhkan bantuan.

BACA JUGA:
Ini Inovasi yang Dilakukan TNI AD di Era Digital

Bencana ini mengundang sejumlah pihak untuk menyalurkan bantuan. Salah satunya aplikasi pesan instan BBM. Rupanya BBM ingin mengikuti jejak WhatsApp yang lebih dulu menyalurkan donasi untuk bencana gempa di Palu dan sekitarnya.

BBM memulai kampanye penggalangan dana untuk membantu para pengungsi di Sulawesi Tengah. Mulai 12 Oktober higga 31 Oktober, Anda dapat memberikan donasi melalui fitur “Pulihkan Palu Donggala” di BBM.

BACA JUGA:
BBM Hadirkan Kuis Group War Berhadiah Ratusan Juta

Pulihkan Palu Donggala merupakan inisiatif BBM bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP).

Masyarakat yang ingin berdonasi bisa melakukan langkah berikut.

  • Buka aplikasi BBM lebih dulu.
  • Pilih fitur “Pulihkan Palu Donggala” di DANA.
  • Lalu pilih donasi yang ingin Anda salurkan. Mulai dari Rp10.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp250.000, Rp500.000 hingga Rp1.000.000.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit ataupun saldo DANA di BBM.
BACA JUGA:
Ini Inovasi yang Dilakukan TNI AD di Era Digital

Donasi yang terkumpul dari kampanye ini akan disalurkan secara kumulatif dengan donasi dari masyarakat lainnya yang dikirimkan melalui YPP. YPP telah mengkoordinasikan upaya membawa bantuan darurat seperti distribusi makanan dan selimut untuk masyarakat Palu, Sigi dan Donggala.

Selain itu, YPP memastikan distribusi makanan dan layanan perawatan kesehatan bagi korban gempa di Lombok. Para pendonor akan dapat melihat kegiatan bantuan distribusi melalui situs YPP.