Thursday, November 21, 2019
Home Smartphone Smartphone Baru Apple Tawarkan Peningkatan Kecepatan Selular

Smartphone Baru Apple Tawarkan Peningkatan Kecepatan Selular

-

Jakarta, Selular.ID – Tahun 2018 merupakan tahun “speed” atau tahun “S” bagi Apple dalam siklus pembaruan normal dua tahunan iPhone.

Apple biasanya meluncurkan sebuah desain iPhone baru setiap tahun, lalu pada tahun berikutnya desain eksteriornya tetap dipertahankan, namun memperbarui komponen iPhone untuk memberikan performa yang lebih cepat.

Secara historis, Apple telah berfokus pada kecepatan prosesor atau grafis aplikasinya. Dilansir dari Opensignal, Menurut Ian Fogg sekarang saatnya Apple juga berbicara tentang kecepatan jaringan selular.

Menurut pengukuran yang dilakukan Opensignal, di seluruh dunia, pengguna iPhone mendapatkan kecepatan unduhan LTE rata-rata 15,7 Mbps. Kecepatan ini akan naik seiring peningkatan yang diterapkan pada model-model iPhone baru yang akan diluncurkan oleh Apple bulan ini, antara lain modem dan desain antenanya yang baru.

Apple juga menurut Ian kemungkinan akan mengembangkan Apple Watch Series 3 seluler tahun lalu dengan model baru. Penyempurnaan ponsel pintar ini akan membantu para operator seluler memaksimalkan imbal hasil dari investasi jaringan seluler mereka.

Jika Apple memilih model Intel terbaru, maka hal ini memungkinkan mereka menciptakan iPhone dengan SIM ganda pertama. Model SIM ganda seperti ini akan membantu Apple bersaing di wilayah-wilayah dengan popularitas ponsel pintar SIM ganda yang tinggi, antara lain di India dan Tiongkok.

Secara umum, pengguna iPhone mendapatkan kecepatan unduhan rata-rata yang sama atau lebih cepat dari pengguna Android

“Dari para pengguna di sembilan negara yang diteliti oleh OpenSignal, kami menemukan bahwa pengguna iPhone mendapatkan kecepatan jaringan seluler rata-rata yang sedikit lebih lambat atau sedikit lebih cepat dibandingkan pengguna Android berdasarkan pengukuran kami, tergantung negaranya,” kata Ian.

Di Brasil, kecepatan unduhan LTE yang didapatkan pengguna iPhone terutama lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna Android: Kecepatan 22,5 Mbps didapatkan oleh pengguna iPhone dibandingkan dengan 18,6 Mbps yang didapatkan oleh pengguna ponsel pintar Android secara umum.

Kecepatan relatif lebih tinggi yang diukur dari peranti iPhone antara lain disebabkan oleh model ponsel pintar Android yang sangat beragam. Ponsel pintar Android memiliki kisaran harga dan kemampuan yang sangat beragam — tidak hanya model premium, sementara semua model iPhone secara umum merupakan peranti high-end.

Dalam studi OpenSignal terhadap pengguna kami di seluruh dunia, pemilik iPhone mendapatkan kecepatan unduhan 15,7 Mbps LTE dibandingkan dengan 13,8 Mbps bagi pengguna Android secara keseluruhan. Namun, jika kita hanya mempertimbangkan ponsel pintar Android premium, kita akan melihat tren yang berbeda.

“Untuk grafik ini, kita meninjau ponsel pintar Android premium yang paling populer, atau flagship. Yang dimaksud dengan “flagship” di sini adalah lima puluh ponsel pintar Android yang paling umum dalam basis data kami, mencakup chipset Snapdragon 800, atau chipset yang setara dari Mediatek, Samsung Exynos, atau HiSilicon. Dalam perbandingan ini, pengguna ponsel pintar flagship Android mendapatkan kecepatan unduhan LTE 23,9 Mbps,” pungkasnya.

Latest