Jakarta, Selular.ID – Setelah mengalami stagnasi, pasar smartwatch diprediksi akan semakin mengilap dalam beberapa tahun ke depan. Lembaga survey terkemuka, ABI Research memperkirakan bahwa pengapalan perangkat jam pintar akan menyalip pelacak aktivitas pada 2020.

Hal itu seiring meningkatnya jumlah vendor yang terjun ke bisnis ini. Sebagian diantaranya mulai memperoleh popularitas, sekaligus mengimbangi Apple sebagai pemain teratas.

Dengan meningkatnya animo konsumen, ABI Research menyebutkan bahwa pengiriman smartwatch akan meningkat dari 40 juta unit pada 2018 menjadi lebih dari 108 juta pada 2023. Selama periode yang sama, pengiriman pelacak aktivitas juga akan tumbuh dari 52 juta unit pada tahun ini menjadi 67 juta unit.

BACA JUGA:
Dua Varian Huawei Watch GT Terbaru Meluncur Bulan Ini?

Stephanie Lawrence, analis riset ABI Research, mengatakan pelacakan aktivitas dan berbagai fitur lainnya telah ditambahkan ke jam pintar. Hal tersebut semakin menambah daya tarik sekaligus meningkatkan popularitas brand di mata konsumen.

“Saat ini pengguna tidak ingin banyak perangkat yang dapat melakukan hal yang sama. Sangat alami bahwa mereka akan memilih smartwatch yang memiliki lebih banyak fungsi. Di sisi lain karena jumlah smartwatch yang berbeda dan tersedia terus bertambah, tentunya semakin banyak pelanggan yang memilih perangkat selain Apple Watch”, ujar Stephanie.

BACA JUGA:
Pasar Smartwatch Meroket

Memang dalam penelitiannya, ABI Researach memprediksi penguasaan pasar smartwatch Apple akan turun sekitar 14% antara Q4 2017 dan Q1 2018. Hal itu memungkinkan vendor lain untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Sekedar diketahui, pada Rabu (12/9/2018) Apple telah meluncurkan Apple Watch Series 4. Generasi terbaru dari jam pintar Apple itu, digembar-gemborkan memiliki banyak kemampuan dalam mendeteksi kesehatan baru sebagai nilai jual premium. Terutama dalam hal kemampuan mencatat dan mendeteksi denyut jantung.

Arloji pintar tersebut juga dibekali kemampuan elektrokardiografi, untuk merekam aktivitas listrik jantung dengan menggunakan sensor. Fitur ini akan memberitahu pengguna jika mereka memiliki kelainan detak jantung.

BACA JUGA:
Nokia Ternyata Siapkan Tablet dan Smartwatch

Meski menawarkan banyak kelebihan, ABI Research mengatakan pelanggan memilih perangkat yang lebih beragam daripada hanya Apple Watch. Saat ini tiga vendor terus bersaing ketat dengan Apple, yakni Samsung, Motorola dan LG Electronics. Ketiganya mampu meningkatkan pangsa pasar antara Q4 2017 dan Q1 2018.

Pelacak aktivitas juga termasuk dalam perangkat termasuk Apple Watch, Samsung Gear S3 dan LG Watch. Fitbit, pelopor pelacak aktivitas, juga meningkatkan pangsa di pasar jam pintar setelah peluncuran perangkat terbaru di segmen ini, yang juga menunjukkan pergeseran selera pasar.