Jakarta, Selular.ID – Akhir pekan lalu laporan Counterpoint Research mengungkapkan Apple Watch Series 1 dan Series 3 adalah dua smartwatch terlaris secara global selama kuartal kedua tahun 2018.

Dan pekan ini laporan terbaru IDC mengungkap total pengiriman Apple mendekati angka 5 juta selama periode tiga bulan kedua di tahun ini.

Tepatnya, Apple dilaporkan mengirimkan total 4,7 juta unit Apple Watch antara April dan Juni 2018, cukup untuk meningkatkan pangsa pasar mereka di pasar wearable hingga 17%.

BACA JUGA:
Pasar Wearable Device Diprediksi Tumbuh Dua Digit Pada 2022

Angka itu menempatkan Apple di posisi nomor satu di pasar global. Mengambil tempat kedua adalah Xiaomi yang berhasil mengirimkan total 4,2 juta unit selama periode kuartal kedua 2018.

Di posisi ketiga ada Fitbit, yang mengalami penurunan penjualannya sebesar 0,7 juta unit dibandingkan tahun sebelumnya. Namun demikian, perusahaan tetap mengirimkan total 2,7 juta unit.

BACA JUGA:
Pasar Wearable Device Diprediksi Tumbuh Dua Digit Pada 2022

Sementara tempat keempat Huawei tampil mengesankan selama kuartal tersebut, mencapai total 1,8 juta unit.

Jumlah ini merupakan tambahan 1 juta unit dari tahun sebelumnya dan juga setara dengan tingkat pertumbuhan 118,1%.

Selain itu, Garmin yang mengambil posisi akhir yang tersedia di top 5 global, meningkatkan pengirimannya sedikit menjadi 1,5 juta.

Tampaknya dominasi Huawei di pasar smartphone merambah ke pasar wearable. Berbeda dari Apple yang hanya mengandalkan pengiriman smartwatch, pertumbuhan Huawei juga didorong terutama oleh penjualan pelacak kebugaran.