Jakarta, Selular.ID – Bulan Juni lalu, Instagram memperkenalkan IGTV, sebuah fitur untuk memberikan cara baru bagi satu miliar pengguna aktif bulanan Instagram dalam mengekspresikan diri dan menemukan minat mereka.

IGTV ini diluncurkan guna menjawab pertumbuhan tren menonton video secara vertikal yang tengah menjamur di tengah masyarakat.

Dalam kurun waktu dua bulan setelah peluncurannya, IGTV berhasil memikat hati para kreator konten dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk semakin mengembangkan kreatifitasnya.

Dari beberapa konten yang di-post di IGTV, Instagram menemukan beberapa tipe konten yang paling menarik perhatian pengguna beserta contohnya.

Hiburan
Instagram terus mengembangkan platform-nya sebagai sarana yang aman bagi para pengguna untuk menemukan minat mereka. Hiburan menjadi salah satu bentuk konten paling diminati, baik di Feed maupun IGTV. Mulai dari konten komik, komedi, hingga musik, Instagram memungkinkan pengguna untuk mencari sumber inspirasi dan melepas stress sejenak di tengah padatnya aktifitas sehari-hari.

BACA JUGA:
Feed Horizontal, Instagram Diprotes Penggunanya

Dua selebriti nasional yang mencuri perhatian penonton IGTV adalah Michelle Hendra dan Nana Mirdad

Tips & Trick
Sebagai platform yang menyatukan minat komunitas, Instagram juga memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri dan saling berbagi inspirasi dengan mereka yang memiliki minat yang sama dalam platform. IGTV kini memungkinkan pengguna untuk membagikan ide dan inspirasi dalam durasi yang lebih panjang, seperti resep memasak, gaya padu padan, hingga make up tutorial.

BACA JUGA:
Instagram Perbarui Tampilan di iPhone XR dan XS Max

Tiga akun Instagram yang paling banyak ditonton pemirsa IGTV adalah Cooking with Sheila, Dekoruma dan Nana Mirdad

Gaya Hidup (Lifestyle)
Tipe konten IGTV lainnya yang juga tidak kalah menarik adalah konten-konten gaya hidup (lifestyle). Beberapa kreator konten telah memanfaatkan IGTV untuk berbagi video singkat yang menceritakan pengalaman perjalanan dengan menampilkan pemandangan alam indah dan rekomendasi tempat-tempat nongkrong hits untuk para pengikutnya.

Dua diantaranya adalah Jennifer Bachdim dan Lula Lahfah.

Informasi Terkini
Pengguna kini juga dapat mendapatkan informasi terkini yang akurat dari akun IGTV resmi beberapa media. Sembari mengeksplor minat dan mencari inspirasi, para pengguna juga dapat tetap update dengan konten-konten berita dari akun Instagram resmi media termasuk Selular ID

BACA JUGA:
Ini Konten Populer Selama 2018 di Instagram

Bisnis
Terakhir adalah konten IGTV dari bisnis. IGTV memberikan ruang yang lebih besar bagi bisnis untuk menjangkau konsumen. Hal menariknya, konten bisnis yang sukses menarik perhatian pengguna cenderung membagikan cerita dan value di balik brand mereka.

Video bisnis yang menyita perhatian pemirsa IGTV antara lain Adipati Dolken, Cotton Ink dan Grab Indonesia.

Itulah sejumlah akun Instagram yang menyita perhatian penonton IGTV. Bagaimana dengan Anda? Video apa yang memikat perhatian Anda?