Jakarta,Selular.ID – Gempa 7 Skala Richter yang menimpa Lombok, Minggu (29/7) mengakibatkan beberapa BTS XL Axiata sempat padam sesaat setelah gempa. Namun hal ini lebih karena terputusnya aliran listrik.

Hal tersebut dikatakan Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata melalui keterangan resminya baru-baru ini. Namun dikatakan Yessie, BTS-BTS tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan.

BACA JUGA:
Cara Beli Huawei Mate 20 Pro Seharga Rp1

Dikatakannya, antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu. Tim XL Axiata di lapangan juga masih bersiaga sejak saat itu untuk mengantisipasi gempa susulan.

BTS padam dikatakan Tri Wahyuningsih (Ayu), Group Head Corporate Communications XL Axiata, kurang dari 2 persen dan sejak kemarin semua jaringan di Lombok sudah berjalan, hanya sebagian kecil saja yang belum.

BACA JUGA:
XL Home Tambah Wilayah Cakupan

Ayu menegaskan, perbaikan jaringan tersebut telah dilakukan timnya di Lombok, dan menyisakan sebesar kurang dari dua persen wilayah cakupannya di Lombok Utara yang masih mengalami masalah. Keterlambatan perbaikan di wilayah tersebut disebut XL Axiata dikarenakan aliran listrik yang belum stabil

“Bukan karena kerusakan BTS, karena setelah diperiksa, tidak ada BTS  yang rusak, cuma karena jaringan listrik belum stabil,” ujar Ayu disela-sela peluncuran Paket Biz di Jakarta (07/08/18).

BACA JUGA:
Pasca Tsunami Selat Sunda, XL Axiata Gratiskan Biaya Komunikasi

Ayu menjanjikan perbaikan jaringan di wilayah Lombok tersebut akan selesai pada hari ini, seiring dengan perbaikan jaringan listrik oleh pemerintah setempat. Sehingga pengguna layanannya di wilayah tersebut dapat segera menikmati layanan internet dan komunikasi yang ditawarkannya.