Jakarta, Selular.ID – Konami turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang merupakan ajang pesta olahraga terbesar yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang sejak 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Asian Games kali ini menambahkan eSports sebagai salah satu cabang olahraga untuk pertama kalinya. Dalam kategori eSports ini terdapat enam game yang akan dipertandingkan dan salah satunya adalah Pro Evolution Soccer (PES 2018).

“PES2018 adalah satu-satunya game olahraga yang dipilih menjadi pertandingan demonstrasi di Asian Games 2018. Saya rasa PES 2018 dipilih karena permainan ini cukup bersahabat dengan mereka yang bahkan jarang bermain game. Ditambah lagi PES juga memiliki banyak persamaan dengan olahraga sepakbola,” ungkap Takayuki Kurumada, Deputy Division Director of Promotion Planning Division, Konami Digital Entertainment Co., Ltd melalui keterangan resminya.

Kompetisi eSports di Asian Games 2018 akan dilangsungkan dari tanggal 26 Agustus 2018 dan untuk pertandingan PES sendiri akan diadakan pada tanggal 1 September 2018. eSports adalah industri yang sedang berkembang, jumlah penggemarnya terus bertambah setiap harinya di seluruh dunia.

“Saya yakin banyak dari kalian yang mulai mengenal eSports ini karena Asian Games. Maka dari itu, kami sebagai salah satu perusahaan yang menawarkan permainan untuk dipertandingkan ikut bekerjasama dengan tim penyelenggara untuk membuat kompetisi ini kaya akan konten. Kita juga terus mendukung pengakuan atas seri game PES melalui para pemainnya dan juga melalui kompetisi,” tambah Kurumada.

Karena eSports kini sudah menjadi bagian Asian Games 2018, eSports sudah semakin diakui sebagai bagian dari olahraga. Para pemainnya juga bisa disebut sebagai atlet karena mereka berlatih keras setiap hari seperti para olahragawan lain.

“Dalam industri eSports pun, untuk menjadi seorang pemain eSports yang hebat dibutuhkan kerja keras, berpikir cerdas, dan juga tekad yang kuat. Yang penting kalau mau main itu fisik harus kuat dan prima,” papar Eddy Lim, Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia.

Selain di Asian Games 2018, Konami juga bekerjasama dengan komunitas dari berbagai belahan dunia. Sejak 2001, Konami sudah mengadakan kompetisi eSports di Eropa. Saat ini Konami memiliki turnamen ‘PES LEAGUE’ yang merupakan turnamen PES resmi sedunia dari Konami.

Sejauh ini, total penjualan soft copy PES di seluruh dunia mencapai lebih dari 100 juta kopi. Ini dikarenakan juga game ini memiliki kualitas gambar dan ekspresi yang tinggi dan juga kemudahan dalam beroperasi. Pada 30 Agustus 2018, Konami akan merilis seri terbaru dari PES yakni PES 2019 yang bisa dimainkan melalui computer, PlayStation 4, dan juga Xbox One.