Sunday, June 16, 2019
Home Apps Platfrorm Pendidikan Digital Extramarks Indonesia Resmi Diluncurkan

Platfrorm Pendidikan Digital Extramarks Indonesia Resmi Diluncurkan

-

Jakarta, Selular.ID – Platform pendidikan digital, Extramarks Indonesia resmi diluncurkan. Extramarks Indonesia memiliki misi untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia melalui ranah digital.

Platform ini menghadirkan solusi belajar digital yang telah disesuaikan dengan karakter siswa.

“Metode yang kami gunakan ada tiga yakni Learn, Practice dan Test. Metode ini mampu untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah dan menyenangkan. Ini juga kami lakukan untuk memajukan dunia pendidikan,” tutur Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Indonesia kepada Selular.ID disela peluncuran Solusi Belajar Digital 3600 Extramarks Indonesia di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Senayan, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Solusi Belajar Digital 3600 yang ditawarkan Extramarks Indonesia ini berbasis education techonology di mana semua proses belajar mengajar sudah terintegrasi satu sama lain.

Baik dari siswa, guru, sekolah, orang tua dan stake holder lainnya. Untuk sekolah, aplikasi yang diperkenalkan dalam Ekosistem tersebut mencakup Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Manajemen Pembelajaran, dan Solusi Pembelajaran Digital untuk digunakan di ruang kelas.

Sekolah akan terhubung ke aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua. Para orang tua dapat melacak, memantau dan mengevaluasi perkembangan anak-anaknya hanya melalui aplikasi Extramarks Indonesia.

Kemudian informasi dari sekolah tersebut dapat diterima oleh orang tua dalam bentuk informasi, notifikasi dan hasil harian.

Bagi siswa, aplikasi ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Semua solusi yang ditawarkan tersebut dapat diakses oleh siswa melalui komputer atau tablet masing-masing yang sudah dilengkapi dengan Extramarks Learning Solutions.

Konten pembelajaran yang terdapat dalam Extramarks Learning Solution berbasis digital dan menyesuaikan dengan karakter para siswa yakni V.A.K atau visual, audio dan kinesthetic.

Setiap elemen dalam konten pembelajaran tersebut dilengkapi dengan teks, gambar ataupun video. Para pelajar dapat menyentuh, memperbesar atau memutar konten tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang elemen tertentu, siswa dapat memperolehnya hanya dengan mengkliknya.

Konten yang digunakan juga sudah disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.

“Dunia pendidikan saat ini sudah memasuki era digital. Ujian Nasional nya pun sudah berbasis komputer (UNBK) tidak lagi menggunakan kertas seperti dulu. Kami juga menyertakan soal UNBK dari tahun sebelumnya untuk melatih siswa menghadapi ujian Nasional,” jelas Uffie.

Uffie mengatakan bahwa saat ini Extramarks Indonesia hanya bisa diakses melalui website.

“Untuk aplikasi berbasis Android dan iOS sedang dalam tahap penyelesaian. Bulan depan aplikasi Extramarks Indonesia sudah bisa di download di Play Store dan App Store,” tandas Uffie.

Extramarks juga bekerjasama dengan Advan untuk perangkat yang digunakan.

“Kita melakukan koordinasi dengan Kemendikbud untuk menyesuaikan kurikulum yang berlaku dengan metode yang kami sajikan. Sebagai solusi pendidikan, sudah pasti Extramarks akan mendukung program dari Pustekom Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) karena lembaga ini yang membuat program transformasi pendidikan digital Indonesia. Karena gerakan itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri harus didukung stakeholder lain termasuk Extramarks yang bergerak di teknologi digital untuk pendidikan,” tegas Uffie.

Extramarks Indonesia juga bekerjasama dengan 8 sekolah Al-Azhar Syifa Budi yang tersebar di wilayah Jakarta, Cibubur, Bandung dan Bogor.

Selain itu, Extramarks Indonesia juga membangun kerjasama dengan Bank Mandiri dan Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).

Latest