Sunday, May 26, 2019
Home News E-Commerce Server Rival Down, Ini Kata Shopee

Server Rival Down, Ini Kata Shopee

-

Jakarta, Selular.ID – Bulan suci Ramadan tampaknya banyak dimanfaatkan konsumen Indonesia untuk belanja, termasuk belanja online. Dan mungkin karena kepadatan pengunjung itulah, setidaknya ada tiga e-commerce nasional yang mengalami server down.

Ketiga marketplace itu adalah Tokopedia (25 Mei), Bukalapak (28 Mei) dan JD.ID (28 Mei). Menanggapi hal itu, Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia mengatakan seharusnya itu bisa diprediksi.

“(Server down) bisa macam-macam sih alasannya. Tapi kalau dilihat dari masa-masa kayak gini, kebanyakan karena banyak yang akses. Tapi kalau kita sudah siap-siap sebelumnya, harusnya gak ada issue seperti itu sih,” ucap Christin ketika ditemui Selular.ID usai peluncuran Honor 7A di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Menurut Christin, kalau perusahaan bisa merencanakan dengan baik, menyiapkan mesin-mesin server yang lebih bagus dan lebih banyak, harusnya masalah server down tidak pernah terjadi. Christin mengaku Shopee belum pernah down.

“Memang Ramadan lagi rame banget. Tapi so far Shopee belum pernah down. Jujur emang ada trafik yang padat, tapi gak sampe down. Mungkin lebih pelan untuk loading tapi itu wajar karena trafiknya luar biasa,” imbuhnya.

Ketika ada masalah, Christin mengaku langsung cepat-cepat cek dan resolve. Jadi sampai saat ini Shopee belum ada masalah teknis besar.

Ketika disinggung soal kapasitas maksimal server Shopee, Christin mengaku setiap hari bertambah terus.

“Kita gak bisa kasih tahu (kapasitas) karena tiap hari tambah terus. Seperti kemarin tanggal 28 Mei kita hampir 1,5 juta transaksi dalam satu hari. Nah kita harus tambah (server) lagi untuk bisa naik terus,” paparnya.

Buat Shopee sendiri, tanggal 28 Mei lalu transaksi Shopee meningkat 5x lipat dari transaksi tertinggi perusahaan Ramadan tahun lalu (300 ribu). Christin mengklaim itu adalah transaksi paling besar dari seluruh e-commerce yang ada di Indonesia.

Belum berakhir, Christin memprediksi transaksi tertinggi Ramadan akan masih berlanjut.

“Kalau perkiraan kan biasanya kan dekat-dekat THR. Nah THR kan (tanggal keluarnya) beda-beda. Kemarin kan baru satu dan trafik lagi bagus. Minggu ini tanggal 6 Juni kita akan ada promosi lagi,” pungkasnya.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest