Friday, October 23, 2020
Home News Market Update Q1 2018, Pengiriman Smartphone Xiaomi Tumbuh 88%

Q1 2018, Pengiriman Smartphone Xiaomi Tumbuh 88%

-

Jakarta, Selular.ID – Menjelang IPO (initial public offering), Xiaomi baru-baru ini mengungkapkan penjualan smartphone-nya meningkat signifikan selama kuartal pertama 2018, meski tetap gagal menghasilkan laba.

Dilansir Selular.ID dari Bloomberg (7/6/2018), tanpa menyebutkan angka pengiriman yang jelas, perusahaan menyatakan mengalami pertumbuhan ekstrim 88% selama tiga bulan pertama tahun ini.

Bersama divisi lainnya, perusahaan menghasilkan pemasukan sebesar $5,3 miliar (sekitar Rp74 triliun) selama periode tersebut dan menderita kerugian $1,09 miliar (sekitar Rp15 triliun) untuk kuartal tersebut.

Jika kita coba memecah hasil keuangan perusahaan, terungkap bahwa pertumbuhan bisnis Xiaomi di divisi lain kontras dengan smartphone.

Kontribusi keseluruhan divisi (selain smartphone) terhadap perusahaan benar-benar menurun. Penjualan seluler menghasilkan 67,5% pendapatan selama periode tersebut, yang sebelummya mencapai lebih dari 70% selama tahun 2017.

Pada catatan terpisah, Xiaomi mengungkapkan layanan online dan produk smarthome besutannya tumbuh berkontribusi hampir 32% dari semua pendapatan, naik dari 29% selama tahun 2017.

Mendatang, Xiaomi berencana untuk menggunakan hingga 40% dari uang yang diperoleh melalui IPO untuk memasuki atau memperkuat posisi brand di pasar Eropa dan Asia Tenggara, dengan fokus utama di smartphone.

Baca juga: Xiaomi Berusaha Menjauh Dari Kejaran Pesaing

Sebagai perbandingan, Counterpoint Research baru-baru ini menyebutkan pengiriman sebesar 27 juta unit smartphone Xiaomi selama Q1, memberikan Xiaomi pangsa pasar global sebesar 7,5% dengan pertumbuhan YoY 101%.

Latest