Jakarta, Selular.ID – ARM perusahaan pembuat chip mobile merilis produk terbaru, yakni Cortex-A76. ARM mengklaim Cortex-A76 dapat bekerja 35 persen lebih cepat ketimbang model prosesor yang ada saat ini dan diyakini sanggup membuat kecepatan smartphone Android menandingi iPhone.

Mike Filippo, Lead Architecht ARM menjeleaskan, bahwa prosesor Cortex-A76 sendiri bukan cuma dirancang untuk menandingi Apple, melainkan juga sebagai penantang untuk prosesor buatan Intel.

Dilaporkan Android Authority, Cortex-A76 tersebut memiliki kinerja yang kurang lebih setara dengan laptop yang menggunakan prosesor seri Intel Core i7. Salah satu alasan desain prosesor ARM ini bakal memiliki kinerja lebih kencang adalah kemampuannya menelan empat instruksi secara paralel. Desain di dalamnya juga mempercepat komunikasi pada memori.

Cortex-A76 yang dirancang sebagai bagian dari arsitektur ground-up. Cortex-A76 ini didampingi bersama GPU Mali-G76 dan Unit Pengolahan Video Mali-V76 yang semuanya akan memberi daya generasi berikutnya dari jangkauan menengah ke jangkauan premium dari smartphone.

Disebutkan, CPU Cortex-A76 merupakan mikroarsitektur baru yang memungkinkan untuk peningkatan produktivitas. Hal ini didasarkan pada teknologi DynamIQ generasi kedua yang diklaim mampu memberikan kinerja seperti laptop sambil mempertahankan efisiensi daya smartphone.

Artinya, Jika prosesor diberi tugas tertentu, misalnya dalam kategori matematis, kinerjanya malah bisa lebih cepat 50 persen hingga 70 persen. Sedangkan dalam pemrosesan memori untuk software, kinerjanya malah bisa naik dari 60 persen hingga 95 persen.

Saat ini masih belum ada vendor smartphone yang menyematkan prosesor itu untuk menjadi otak pemrosesan produknya. Pengguna harus menunggu cukup lama, sampai sekitar 2019 mendatang, agar bisa benar-benar mendapatkan produk yang dirilis mememakai Cortex A76.