Monday, June 24, 2019
Home Devices Penjualan Drone Diprediksi Akan Terus Tumbuh

Penjualan Drone Diprediksi Akan Terus Tumbuh

-

Jakarta, Selular.ID – Akhir-akhir ini, penggunaan drone semakin populer dan meluas. Produksi drone untuk personal maupun perusahaan tengah merangkak naik.

Secara global, berdasarkan data yang dirilis oleh Gartner total pendapatan dari pasar perangkat ini akan mencapai lebih dari USD6 miliar pada 2017. Selain itu, pada 2020, pertumbuhan drone akan mencapai USD11,2 miliar.

Penggunaan drone untuk kepentingan pribadi masih akan terus bertumbuh seiring banyaknya pengguna smartphone yang ingin merasakan pengalaman baru dan hal hiburan.

Jenis drone yang populer di sektor ini yakni yang bisa terbang dengan jarak dan waktu tempuh yang singkat. Biasanya jarak tempuh drone tersebut tak lebih dari 5.000 meter dan selama satu jam di ketinggian 500 meter.

Pahruli, Digital Stratigic Wook Indonesia, sebagai distributor drone DJI, membenarkan, kalau penjualan Drone di 2017, cukup mengembirakan. Penjualan drone di Indonesia, dikatakan Pahruli mencapai.500 ribu unit drone.

“Saya kurang paham berapa peningkatannya, namun kami sebagai distributor dapat melihat penjualannya. Tahun kemaren cukup meningkat dibanding tahun sebelumnya,”ujar Pahruli di sela-sela Jambore drone di Jakarta (02/02/18).

Untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap drone, Pahruli mengatakan event-event seperti Jambore  harus sering diadakan, karena masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai keberadaan drone.

“Kalau sering diadakan masyarakat akan semakin tahu apa itu, dan bagaimana cara pengoperasiannya,”tutur Pahruli

Sementara Hari Budianto, Dinas Pembinaan Potensi Dirgantara TNI Angkatan Udara mengungkapkan hal yang sama, bahwa saat ini drone sudah mulai banyak dilirik.

Menurutnya,  pada awalnya drone merupakan fasilitas yang hanya digunakan oleh pihak militer maupun pemerintah. Secara umum, drone merupakan suatu kendaraan udara yang berbentuk seperti pesawat terbang atau helikopter yang dioperasikan tanpa menggunakan awak atau pilot.

Namun kini banyak pengguna peroragan yang menggunakan drone untuk berbagai keperluan mendokumentasikan, baik video maupun foto.Sehingga Hari berjanji akan sering mengadakan jambore atau perlombaan drone. Untuk Jambore drone Hari menegaskan akan rutin diadakan setiap tahun.

“Kami berharap jambore drone diadakan setiap tahun, tapi tahun ini masih ada beberapa perlombaan, Maret juga sudah ada agenda,”tutup Hari

Latest