Friday, February 21, 2020
Home News Enterprise Mengaku Susah, Sharp Turunkan Target Penjualan di Indonesia

Mengaku Susah, Sharp Turunkan Target Penjualan di Indonesia

-


Jakarta, Selular.ID – Usai diakuisisi Foxconn, Sharp smartphone resmi hadir di Indonesia pada Juni 2017 melalui Sharp Z2 dan M1. Kemudian pada bulan September vendor merilis Sharp R1 dan mengawali tahun 2018 Sharp resmi mengeluarkan dua smartphone baru: Pi dan R1s.

Di hadapan wartawan, Johnny Lin, Country Director Sharp Smartphone Indonesia, mengungkapkan target penjualan smartphone Sharp di Indonesia.

“Karena baru perkenalan, market share kami saat ini masih kurang dari 1%. Dalam waktu tiga tahun, kami ingin mencapai 5-8% market share smartphone di Indonesia,” kata Johnny Lin, saat ditemui Selular.ID usai peluncuran Sharp Pi dan Sharp R1s, di Jakarta (5/2/2018).

Tentu target itu menurun bila dibandingkan dengan angka yang disampaikan Country Director sebelumnya, Sukaca Purwokardjono (sekarang COO BlackBerry Merah Putih), yang mengatakan target Sharp adalah 10% market share Indonesia dalam tiga tahun. Hal itu disampaikan Sukaca usai acara peluncuran produk perdana Sharp Z2 dan M1, Juni silam.

Menanggapi hal itu, Johnny Lin mengaku pasar Indonesia susah.

“Market Indonesia susah. Tapi (bagusnya) masyarakat Indonesia suka mencoba merek smartphone baru,” kata Johnny Lin.

Johnny menengaskan bahwa Sharp bukan pemain baru di bisnis smartphone. Hanya saja baru masuk pasar Indonesia tahun lalu.

“Sharp Electronics sudah hadir di Indonesia selama 50 tahun. Smartphone sendiri sudah pernah rilis Sharp Aquos Crystal tahun 2014 di Indonesia, tapi setelah itu jeda peralihan akuisisi,” kata Johnny Lin.

Johnny mengaku hanya butuh waktu untuk memperkenalkan smartphone Sharp ke Indonesia. Sharp sudah membuat smartphone dari dulu-dulu di Jepang, tapi memang tidak keluar di Indonesia. Jadi Sharp bukan perusahaan yang baru mulai bikin smartphone.

Menurutnya, Sharp tidak mungkin belajar dari brand smartphone tertentu karena setiap brand tidak punya dasar atau pondasi yang sama.

“Sharp sudah punya reputasi bagus di Indonesia karena layanan purna jual sudah tersebar luas. Smartphone Sharp bisa direparasi di layanan service center Sharp Electronics di mana saja di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Latest