Friday, October 23, 2020
Home News Rumour Xiaomi Targetkan IPO Akhir Tahun 2018

Xiaomi Targetkan IPO Akhir Tahun 2018

-


Jakarta, Selular.ID – Berambisi ekspansi ke pasar lebih luas, Xiaomi dilaporkan bersiap untuk go public tahun ini. Dana yang terhimpun dari penjualan saham perdana ke publik itu diperkirakan akan mencapai USD100 miliar atau setara Rp1.333 triliun.

Menurut Bloomberg (14/1/2018), produsen smartphone asal China itu telah memilih beberapa perusahaan finance terkemuka dunia untuk mencapai target valuation tersebut. Sebagai info, angka USD100 miliar adalah 2x lipat dari angka perkiraan sebelumnya yang dilaporkan akhir tahun lalu.

Sebagai penjamin dana masyarakat, mitra utama Xiaomi untuk IPO adalah Morgan Stanley, Goldman Sachs, Deutsche Bank, dan Credit Suisse.

Bloomberg melaporkan penawaran perdana diperkirakan akan dimulai pada paruh kedua tahun 2018. IPO itu akan menjadi yang pertama kalinya bagi raksasa Beijing menjual sahamnya ke publik.

Jika target valuation tercapai, angka USD100 miliar menjadikan Xiaomi setara dengan sejumlah perusahaan teknologi besar lain, seperti Snap dan Twitter. Xiaomi berpotensi menyaingi atau bahkan mengalahkan valuation Facebook sebesar USD104 miliar pada tahun 2012.

Perusahaan yang pernah dijuluki “Apple of the East” itu mengalami penjualan meroket pada tahun 2014 berkat pertumbuhannya yang luar biasa di China melalui penjualan online. Namun pasar yang terus tumbuh dipadati rival seperti Huawei, Oppo, dan Vivo yang akhirnya mengalahkan Xiaomi.

Baru sepuluh bulan kemudian, Xiaomi berhasil membukukan target penjualan tahunan sebesar USD15 miliar setelah mengirim 70 juta perangkat ke seluruh dunia.

Pertumbuhan penjualan yang mengesankan sangat dipengaruhi oleh pendekatan Xiaomi ke India, pasar yang sedang berkembang dimana smartphone menengah dengan harga bersaing terbukti sangat populer.

Dengan rencana ambisius untuk membangun 1.000 toko ritel “Mi Home” pada 2019, dan pertempuran tanpa henti dengan Samsung di India, dana hasil IPO pasti akan dimanfaatkan untuk itu.

Rumor yang menyebutkan kemungkinan Xiaomi ekspansi ke pasar AS tahun ini, juga akan membutuhkan modal yang sangat besar yang bisa didapatkan dari IPO.

Latest