Tuesday, June 2, 2020
Home News Market Update Oppo, iPhone dan Vivo Jadi Smartphone Terlaris 2017 di China

Oppo, iPhone dan Vivo Jadi Smartphone Terlaris 2017 di China

-


Jakarta, Selular.ID – Counterpoint Research baru saja menerbitkan analisa pasar smartphone di China sepanjang 2017, dan beberapa informasi menarik terungkap. Smartphone terlaris di negara itu bukan handset besutan Samsung atau Apple, melainkan gubahan vendor lokal Oppo.

Model smartphone terlaris di sana tahun lalu adalah Oppo R9s, yang menguasai 3% pasar. Sayangnya, smartphone Oppo model ini tidak beredar di Indonesia, tapi spesifikasinya mirip dengan Oppo F3 Plus yang rilis di Indonesia awal 2017.

Posisi kedua smartphone terlaris di China adalah iPhone 7 Plus, sedangkan Vivo X9 melengkapi podium di tempat ketiga. Lagi-lagi, Vivo model ini juga tidak rilis resmi di Indonesia, tapi spesifikasinya serupa dengan Vivo V5 Plus.

Selain menduduki nomor wahid, ada 2 perangkat Oppo lainnya di jajaran Top 10. Sementara smartphone Vivo ada 2, sama dengan Apple, dan Honor. Lalu ada satu entri Xiaomi Redmi Note 4X di nomor 9.

Dengan demikian, Apple adalah satu-satunya perusahaan asing yang memiliki handset di 10 perangkat terlaris di China. Tapi yang lebih mengagetkan, vendor nomor satu dunia Samsung sama sekali tidak masuk daftar Top 10 China.

Dari data Counterpoint Research, terlihat kinerja perusahaan lokal sangat baik terutama Oppo dan vivo, yang kebetulan keduanya dimiliki oleh BBK Electronics. Begitu pula Huawei dan Xiaomi.

Juga terbaca dari data tersebut, segmen mid-range adalah yang paling populer di China (kecuali iPhone 7 dan iPhone 7 Plus milik Apple). Volume penjualan bulanan rata-rata dari semua model Top 10 adalah 1 juta pada 2017.

Counterpoint mengatakan bahwa kesuksesan Oppo adalah karena fokusnya yang tanpa henti untuk memasarkan produknya sebagai ahli selfie, serta jaringan toko offline yang ekstensif.

Selain itu, sebagian besar handsetnya dihargai di kisaran $200-$450 (Rp3-6 juta), yang merupakan segmen paling populer di pasar China.

Pada tahun 2018, Counterpoint memprediksi tampilan ‘bezel-less’ menjadi fitur standar perangkat di daftar Top 10, sementara kemampuan fotografi yang dipasarkan dengan baik akan tetap signifikan bagi pembeli smartphone China.

TERBARU

Lonjakan Trafik Selama Masa Pandemi Tidak Membahayakan Lingkungan

Jakarta, Selular.ID - Lalu lintas jaringan yang meningkat selama tindakan penguncian Covid-19 (corona virus)...

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Latest