Beranda Aksesoris Memilih Headset yang Aman dan Nyaman Buat Telinga

Memilih Headset yang Aman dan Nyaman Buat Telinga

-

Jakarta,Selular.ID – Aksesoris untuk mendengarkan musik sebanarnya ada berbagai pilihan jenis. Yakni headset, earphone, headphone, backphone, handsfree, dan handset.

Walaupun bentuknya berbeda-beda, namun alat yang digunakan untuk mendengarkan musik ini terbagi menjadi dua bentuk dan fungsi utama.

Untuk headphone, headset dan backphone bentuknya besar dan untuk mendengarkan musik alat ini diletakkan pada posisi menutupi kedua telinga atau telinga kita tidak tampak tertutup oleh alat.

Sedangkan earphone, handsfree atau ear bud bentuknya kecil dan untuk menggunakannya disumbatkan atau dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Mendengarkan musik melalui perangkat suara yang ditutupkan atau ditempelkan ke telinga tampaknya sepele, namun jika tidak tahu cara memilih dan menggunakannya bisa mengakibatkan mengurangi bahkan bisa kehilangan pendengaran.

Sebaik apapun, sebagus apapun kualitas headset, dan seaman apapun yang dijamin produsen headset yang dibeli, tetap harus diperhatikan. Pasalnya sampai saat ini belum ada produsen headset yang bisa menjamin telinga sobat akan tetap sehat.

Lalu bagaimana cara memilih  headset yang aman?

1.Pilihlah earphone dengan ukuran yang bisa sesuai dengan telinga, jangan terlalu besar dan jangan pula kekecilan. Untuk earphone pilihlah yang earphone In-Ear Monitor (IEM), biasanya jenis ini menggunakan karet dan masuk sampai ke dalam lubang telinga.

Kelebihannya tidak sakit ketika dipakai. Namun hanya beberapa merk earphone jenis ini memiliki bud yang nyaman untuk masuk di telinga.

2. Jika membeli headphone atau earphone on ear, pilihlah yang  menutupi setidaknya 95% dari telinga kamu. Sehingga bisa dipakai dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan beli melalui online karena harus mencoba untuk menyesuaikan dengan bentuk telinga anda.

4. Lihat spesifikasi lengkapnya. termasuk impedance, sensitivitas, maupun noisenya. Tidak ada patokan khusus untuk batasannya namun semakin tinggi impedansi perangkat, arus tegangan yang mengalir akan berkurang.

Namun untuk sensitivitas dan noisenya, harus memilih dengan tingkat sensitivitas mid-range saja, jangan memilih memilih sensitivitas high-range, dan noise berfungsi untuk memblokir segala jenis kebisingan.

5. Sebelum membeli headphone/headset carilah toko resmi yang menjual headphone yang asli dan bergaransi. Jangan membeli di BM alias Black Market, walaupun harga murah, kualitas belum tentu terjamin serta garansi beum tentu ada, tapi enaknya beli di BM bisa tawar menawar.

Artikel Terbaru