BerandaNewsKominfo Belum Isyaratkan Pengumuman Hasil Perhitungan Biaya Interkoneksi

Kominfo Belum Isyaratkan Pengumuman Hasil Perhitungan Biaya Interkoneksi

-

Jakarta, Selular.ID – Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dikabarkan sudah menyerahkan hasil verifikasi perhitungan biaya interkoneksi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hal tersebut disampaikan Catur Iman Pratignyo, Kabag Humas dan Hubungan Antar Lembaga yang mengatakan bahwa seluruh hasil verifikasi dari tim BPKP sudah diserahkan kepada Kominfo.

Lebih lanjut Catur mengatakan bahwa hasil verifikasi yang diberikan oleh BPKP sudah sesuai dengan permintaan dari Kominfo.

“Namun demikian kami memiliki SOP (Standard Operating Prosedure) untuk tidak mempublikasikan hasil verifikasi. Hasil verifikasi atau audit yang dilakukan oleh BPKP sudah sesuai dengan permitaan Kominfo. Hasilnya audit atau verifikasi tersebut hanya sudah kami diserahkan kepada presiden atau kementerian lembaga yang memberi tugas. Untuk hasil verifikasi biaya interkoneksi seperti apa, silakan tanya langsung kepada Kominfo,” terang Catur kepada media.

Meski hasil verifikasi ini sudah diserahkan, Kominfo belum mengisyaratkan apakah  akan mengumumkan hasil verifikasi ini atau tidak. Rudiantara,  Menteri Komunikasi dan Informatika ketika dikonfirmasi bahkan menyatakan tidak megetahui apakah hasil verifikasi tersebut sudah diserahkan ke Kominfo.

“Saya belum tahu, coba tanyakan ke pak Ramli (Dirjen PPI), sudah terima atau belum” sergahnya.

Rudiantara juga belum memutuskan apakah akan mengumumkan hasil tersebut atau tidak jika hasil verifikasinya sudah diterima oleh Kominfo.

“Buat saya, kalau tidak memberi dampak positif bagi masyarakat untuk apa dikeluarkan kebijakan. Kita maunya affordable, lebih terjangkau. Kalau nggak, kenapa dan untuk apa bikin kebijakan yang nggak memberikan dampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga :  Google Tarik Aplikasi Spyware yang Menguntit Smartphone Pasangan

Sementara itu Noor Iza, PLT Kapala Pusat Informasi dan Humas Kominfo kepada media menyampaikan bahwa hasil dari verifikasi biaya interkoneksi yang di buat oleh BPKP sudah diterima oleh Kominfo dan saat ini hasil dari tim verifikasi BPKP tengah dibahas di level pimpinan Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

“Data tersebut sudah ada di Ditjen PPI dan akan dibahas pada level pimpinan Kominfo. Setelah dibahas di pimpinan PPI, Kominfo akan segera mengumumkan hasilnya dari tim BPKP mengenai penetapan biaya interkoneksi,” terang Noor Iza.

Baca juga :  Facebook Akan Ganti Nama Pekan Depan

Seperti diketahui, melalui Surat Menteri Kominfo kepada Penyelenggara Telekomunikasi yaitu No: S-1668/M.KOMINFO/PI.02.04/11/2016 dan S-135-/M.KOMINFO/PI.02.04/01/2017 Kominfo menunjuk tim verifikator yaitu Deputi Pengawasan Instansi Pemerintahan Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dalam surat tugas yang diberikan oleh Kominfo, tim BPKP harus menyelesaikan verifikasi atas hasil perhitungan biaya interkoneksi penyelenggara telekomunikasi tahun 2015-2016 dalam kurun waktu 2,5 bulan yaitu hingga bulan Juli 2017.

Artikel Terbaru