spot_img
BerandaNewsXiaomi Disinyalir Lakukan Dumping Penjualan Redmi 5A

Xiaomi Disinyalir Lakukan Dumping Penjualan Redmi 5A

-

IMG_20171220_150730Jakarta, Selular.ID – Beberapa hari lalu Xiaomi menghadirkan smartphone terbarunya Redmi 5A yang dibanderol seharga Rp999.000. Harga jual Redmi 5A di Indonesia merupakan yang terendah dibandingkan seluruh pasar Xiaomi lainnya, termasuk di negara asalnya sendiri Tiongkok.

Sebelumnya Redmi 5A ini telah dilaunching di Tiongkok dan India dengan harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi yakni di kisaran Rp1,5 juta.

Pemberlakuan harga yang jauh berbeda di bawah pasar negaranya sendiri ini menurut beberapa eksekutif vendor smartphone yang tidak mau disebut namanya, Xiaomi diduga telah melakukan praktek dumping dalam memasarkan produk terbarunya tersebut di Indonesia.

Menanggapi dugaan dumping yang dilakukan oleh Xiaomi ini, Ali Soebroto, Ketua Umum Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI) mengatakan bahwa dugaan ini masih diteliti oleh anggota AIPTI.

“Kalau kita bisa buktikan harga Free on Board (FOB) nya lebih rendah dari harga jual di lokal maka bisa kita bawa ke Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) untuk dikenakan anti dumping duty,” jelasnya kepada Selular (22/12/2017).

Jika dibandingkan dengan smartphone lainnya di kelas harga yang sama, spesifikasi yang dimiliki oleh Redmi 5A memang sangat jauh lebih tinggi dimana dengan spesifikasi serupa biasanya ditawarkan dengan harga Rp1,5 jutaan ke atas.

Redmi 5A didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 425 quad-core untuk memberikan kinerja yang cepat dan mulus. Smartphone ini mendukung penggunaan dua SIM card 4G ukuran nano secara bersamaan dan microSD card hingga 128GB. Redmi 5A menampilkan layar HD 5 inci dengan baterai tahan lama 3000mAh yang dapat bertahan hingga 8 hari dalam kondisi standby.

Baca juga :  Google Tarik Aplikasi Spyware yang Menguntit Smartphone Pasangan

Kamera yang dimiliki Redmi 5A menjadi salah satu kelebihan untuk sebuah smartphone di kelas entry-level. Redmi 5A dilengkapi dengan kamera utama 13MP dan Phase Detection Autofocus (PDAF) untuk mempercepat waktu fokus dan aperture f/2/2 yang menjamin kejernihan gambar yang tinggi. Smartphone ini juga memiliki kamera depan 5MP dengan aperture f/2.0 yang hadir dengan mode Beautify milik Xiaomiuntuk selfie yang bagus.

spot_img

Artikel Terbaru