Catatan Akhir Tahun: Smartphone yang Rilis di Indonesia 2017 (Bag.1)

BlackBerry-Aurora
Jakarta, Selular.ID – 2017 merupakan tahun pertarungan smartphone 4G. Hampir semua model yang rilis di Indonesia mendukung jaringan cepat 4G LTE yang sudah digelar operator nasional sejak dua tahun silam.

Dari pantauan Selular.ID sepanjang tahun, setidaknya ada 56 model smartphone yang rilis resmi di pasar nusantara selama Januari-Juni 2017. Berikut ringkasan Kaleidoskop Smartphone Indonesia pada semester pertama tahun 2017.

Kehadiran Motorola Moto Z menjadi pertanda betapa berharganya pasar Indonesia bagi produsen smartphone. Perangkat modular atau bongkar-pasang itu masuk ke pasar Indonesia pada Januari 2017. Bukan satu, vendor yang kini dimiliki Lenovo itu mengeluarkan dua model sekaligus: Moto Z dan Moto Z Play, lengkap dengan empat varian Moto Mods.

Beralih ke bulan penuh kasih sayang Februari 2017, vendor asal Tiongkok Vivo memperkenalkan smartphone dengan kamera depan ganda pertama di dunia: Vivo V5 Plus yang mengusung resolusi 20MP+8MP. Dengan begitu, pecinta selfie Tanah Air bisa mengambil foto cemerlang, tajam, dengan fitur bokeh.

Di bulan Maret ada 10 smartphone yang rilis di Indonesia dan semua model sangat mumpuni. Tapi yang perlu disorot di sini adalah kemunculan perangkat BlackBerry yang kali ini resmi disuguhkan oleh pemegang lisensi BB Merah Putih. BlackBerry Aurora menjadi smartphone pertama perusahaan yang khusus dirancang untuk konsumen Indonesia.

Oppo F3 Plus diperkenalkan akhir Maret dan pada 1 April 2017 perangkat resmi dijual di pasar Indonesia. Di akhir bulan yang sama, produsen mengeluarkan varian warna Black, melengkapi warna Rose Gold dan Crown Gold, dilanjutkan dengan Black Matte.

Mei menjadi bulannya Samsung karena Galaxy S8 dan Galaxy S8+ mulai pre-order di Indonesia. Hadir sebagai produk flagship, vendor menjual kedua smartphone ini dengan harga cukup mahal. Samsung Galaxy S8 dijual seharga Rp10,5 juta, sementara Galaxy S8+ dibanderol Rp12 juta.

Pertengahan tahun menjadi pertarungan sengit bagi vendor smartphone. Pasalnya, di penghujung Juni 2017 merupakan Hari Raya Idul Fitri, dimana mayoritas masyarakat mendapat “gaji ketigabelas” untuk dibelanjakan berbagai hal dalam perayaan Lebaran. Adalah Motorola dan Huawei yang memanfaatkan Bulan Puasa 2017 dengan menghadirkan Moto C dalam 2 varian dan Huawei Y Series dalam 3 varian.

8 Smartphone selama Januari 2017

Di bulan pertama tahun 2017, ternyata sudah banyak bermunculan smartphone-smartphone baru di pasar Indonesia. Banyak vendor yang langsung ‘tancap gas’ dengan merilis smartphone baru andalannya. Bahkan beberapa mengeluarkan smartphone yang tergolong flagship alias yang mejadi produk jagoan.

Berikut ini beberapa smartphone terbaru yang dirilis selama bulan Januari 2017:

Samsung Galaxy A9 Pro 2016
Memasuki tahun 2017, Samsung malah mengeluarkan model smartphone versi 2016. Itu adalah Galaxy A9 Pro 2016. Padahal vendor resmi memperkenalkannya pada Mei tahun lalu dan mengedarkannya di pasar India sejak September silam.

Asus Zenfone 3 Max ZC553KL
Belum lama ini Asus sudah mengeluarkan smartphone terbaru seri Zenfone 3 yang mengandalkan daya tahan baterai lebih lama, yaitu Asus Zenfone 3 Max ZC520TL. Tidak berselang lama, Asus kembali merilis smartphone yang sama tapi dengan tipe yang berbeda, yaitu Asus Zenfone 3 Max ZC553KL.

Asus ZenFone 3 Deluxe ZS570KL
Asus menggelar pre-order untuk produk smartphone premiumnya yakni Asus ZenFone 3 Deluxe ZS570KL. Smartphone ini sudah dapat dipesan melalui beberapa toko online antara lain, Blibli, MatahariMall, Lazada, DinoMarket dan Erafone per 20 Januari 2017.

Moto Z & Moto Z Play
Mengusung seri Moto Z dan Z Play, Moto (dahulu Motorola) resmi kembali meramaikan persaingan smartphone premium di Indonesia. Sebagai perangkat flagship, Moto Z dan Z Play tentu dibenamkan berbagai fasilitas kelas atas. Dan yang menjadi pembeda, Moto Z dan Moto Z Play mengusung desain modular, yang disertai dengan perangkat tambahan bernama Moto Mods.

Andromax B & Andromax L
Mengawali tahun 2017 Smartfren kembali menfhadirkan jajaram smartphone Andromaxnya, yakni Andromax B dan Andromax L. Seperti biasa Smartfren menghadirkan perangkat dengan harga yang sangat terjangkau namun dibarengi dengan speaifikasi yang mumpuni dan juga berlimpah bonus dalam program Gratis Internet Setahun.

Vivo V5 Plus
Vivo V5 Plus datang di saat tren potret diri alias selfie begitu digandrungi pecinta fotografi smartphone. Perusahaan ponsel asal Tiongkok ini pun menyuguhkan smartphone terbaru dengan fitur yang tengah menjadi tren saat ini, yakni dual-kamera. Bukan dual-kamera di belakang, melainkan dual-kamera di depan.Vivo V5 Plus mempunyai kamera depan ganda berkekuatan 20MP + 8MP.

10 Smartphone pada Februari 2017

Masih di awal tahun, tepatnya di bulan Februari jumlah smartphone terbaru yang hadir lebih banyak lagi dibandingkan dengan bulan Januari 2017. Bahkan beberapa smartphone merupakan seri jagoan. Karena dibekali dengan fitur-fitur kelas atas.

Setidaknya ada 10 smartphone terbaru yang hadir selama bulan Februari 2017. Apa saja?

Asus Zenfone 3 Max ZC553KL
Asus secara resmi memboyong, generasi baru seri Zenfone 3 Max. Dengan tagline #GakAdaMatinya, Zenfone 3 Max menjadikan daya tahan sebagai salah satu daya tarik utamanya.

Oppo F1s New Edition
Oppo F1s kembali datang dengan versi terbaru, yaitu OPPO F1s New Edition. Smartphone ini membawa sejumlah peningkatan.

Samsung Galaxy A3, A5, A7 (2017)
Tiga seri Galaxy A (2017) yang baru saa diluncurkan Samsung Indonesia didesain dengan kemampuan tahan terhadap air dan debu yang sudah memiliki sertifikasi IP68, walaupun memiliki kesamaan dalam ketahanan air dan debu, namun ada beberapa fitur dan spesifikasi yang membedakan ketiga seri ini.

Advan G1
Setelah kehadirannya sempat tertunda sejak September 2016, akhirnya smartphone Adan G1 resmi beredar di Indonesia. Dijual seharga Rp 2.299.000 apa saja yan ditawarkan smartphone brand lokal ini?

Coolpad Fancy Pro
Coolpad, brand asal Tiongkok kembali mencoba peruntungannya dengan mengeluarkan smartphone baru bertajuk Fancy Pro. Masuk jajaran seri Fancy yang menyasar pasar menengah, smartphone ini datang sedikit berbeda dari smartphone Coolpad seri lainnya.

Infinix Zero 4
Resmi diperkenalkan di Indonesia Desember tahun lalu, flagship Infinix, yaitu Infinix Zero 4 baru muncul di pasaran Februari 2017.

Xiaomi Redmi 3s
Usai satu tahun peredaran Xiaomi Redmi 3 di Indonesia secara ilegal, akhirnya vendor menghadirkan versi ‘garansi resmi’. Dengan mengusung nama model Xiaomi Redmi 3s, smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna (grey dan gold). Xiaomi Redmi 3s dibanderol harga Rp1,9 juta.

Vivo V5 Plus
Vivo baru saja merilis smartphone terbarunya yaitu Vivo V5 Plus. Smartphone ini melanjutkan tipe sebelumnya Vivo V5 yang sudah lebih dulu hadir di akhir tahun lalu.

9 Smartphone Rilis di Maret 2017

Sepanjang bulan Maret 2017 hadir setidaknya 10 smartphone terbaru yang bisa menjadi pilihan. Beberapa smartphone ini bahkan menjadi produk flagship atau produk yang paling diunggulkan. Apa saja?

iPhone 7
Akhirnya iPhone 7 mendarat di Indonesia. Salah satunya dijual oleh Smartfren. Operator ini menjual paket bundling iPhone 7 dan 7 Plus.

Moto M
Lenovo yang sudah memegang brand Moto, semakin agresif menggempur pasar smartphone di Indonesia. Setelah Moto Z, akan kembali diperkenalkan deretan smartphone terbarunya, yaitu Moto M.

Vivo V5 Lite
Vivo menawarkan model terjangkau dari smartphone selfie Vivo V5 dengan varian Lite atau “Ringan”. Lebih murah dari versi regular, Vivo V5 Lite dijajakan seharga Rp3 juta.

LG K10 2017
LG baru saja resmi mengedarkan K10 2017 ke pasar Indonesia. Tahun lalu vendor juga mengeluarkan smartphone serupa dengan kode model sama. Mei tahun lalu LG menawarkan K10 di Indonesia dengan harga Rp2,7 juta. Sementara LG K10 anyar ditawarkan dengan harga Rp2,75 juta. Berbekal embel-embel “2017”.

Xiaomi Redmi 4A
Setelah sempat tenggelam karena terhadang aturan TKDN (tingkat kandung dalam negeri), Xiaomi akhirnya muncul lagi. Dibantu salah satu distributor smartphone Tanah Air, Xioami akhirnya bisa memenuhi persyaratan TKDN dan mendapat izin untuk memasarkan smartphone 4G-nya. Salah satunya yaitu Xioami 4A.

BlackBerry Aurora
Blackberry (BB) Merah Putih baru saja menghadirkan smartphone android pertama buatan Indonesia yang diberinama Aurora. Perangkat terbaru ini merupakan smartphone BB pertama di dunia uang memiliki dual SIM.

Evercoss Genpro X
Evercoss akhirnya secara resmi merilis smartphone terbarunya, yang diberi label Genpro X. Hadirnya smartphone tersebut, sekaligus menjadi bukti jika Evercoss masih bisa eksis, di tengah gempuran vendor asal Tiongkok.

SPC L50 Volt
SPC Mobile merupakan satu dari segelintir brand lokal yang masih eksis di persaingan smartphone Tanah Air. Belum lama ini, brand di bawah bendera PT Supertone Indonesia menyuguhkan smartphone baru bertajuk SPC L50 Volt.

Blaupunkt Soundphone S2
Sempat hilang di persaingan, Blaupunkt kembali mencoba peruntungan dengan mengeluarkan smarthpone baru Soundphone S2. Smartphone ini sudah ditawarkan lewat jalur pre-order di beberapa ritel online dengan harga Rp2.399.000.

13 Smartphone Meluncur April 2017

Memasuki kuartal kedua (Q2) tahun ini, beberapa vendor terus menunjukkan eksistensinya di pasar smartphone Indonesia. Dengan cara merilis smartphone terbarunya yang diharapkan bisa diminati pengguna. Dengan begitu bisa meraup pangsa pasar lebih besar lagi.

Geliat vendor smartphone ini terlihat dari sejumlah perangkat terbaru yang dirilis pada awal Q2 atau tepatnya di bulan April 2017. Bahkan juga ada muncul smartphone dari vendor baru , yang mencoba peruntungannya. Setidaknya ada 13 smartphone terbaru yang keluar di bulan April, antara lain yaitu :

Oppo F3 Plus
Setelah gembar gembor di dunia maya, Oppo akhirnya menepati janji untuk kembali merilis smartphone terbarunya. Sesuai perkiraan, smartphone terbaru Oppo kali ini adalah seri F3 Plus. Seperti generasi F series sebelumnya, Oppo F3 Plus kembali mengusung menu selfie sebagai senjata andalannya. Untuk memanjakan pencinta selfie, kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda.

Lenovo P2 Turbo
Menjawab kebutuhan pengguna smartphone terhadap ketahanan baterai, Lenovo kembali mengharikan lini P yang digadang-gadang sebagai smartphone dengan ketahanan baterai yang cukup mumpuni. Lenovo P2 Turbo hadir dengan kapasitas baterai 5100Mah, yang kabarnya mampu bertahan selama tiga hari jika diisi dalam keadaan full.

LG G6
Setelah melakukan sesi pre-order, LG akhirnya secara resmi memdaratkan seri G6 ke Tanah Air. Sesuai dengan serinya, G6 merupakan tipe flagship, selain suksesor LG G5 yang bisa dikatakan gagal di pasaran. Tidak ingin mengulang kesalahan G5 yang menghadirkan kosep modular, G6 hadir dengan konsep desain yang terbilang normal, namun tetap elegan.

Oppo A57
Oppo meluncurkan perangkat terbarunya secara resmi di Indonesia yang disebut dengan “Unstoppable Selfie”. Smartphone tersebut yaitu Oppo A57. Smartphone ini merupakan penerus seri “Unstoppable Selfie” sebelumnya, A39, yang sudah beredar di tahun 2016 yang lalu.

Xiaomi Redmi Note 4
Setelah pekan lalu Xiaomi menggoda kehadiran Redmi Note 4, sekarang smartphone resmi tersedia di Indonesia. Perangkat merupakan model ketiga perusahaan yang mengusung jaringan 4G LTE, setelah Redmi 3S dan Redmi 4A.

Coolpad Cool Dual
Tidak mau ketinggalan oleh kompetitornya, Coolpad resmi merilis smartphone berteknologi dual kamera. Smartphone dual kamera ala Coolpad tersebut, diberi label Cool Dual. Keputusan Coolpad merilis Cool Dual, dipastikan akan semakin memanaskan persaingan smartphone berteknologi dual kamera, yang secara kebetulan sekarang ini mulai menjadi tren.

Asus Zenfone 3 Max Pink
Awal tahun ini ASUS menghadirkan seri smartphone #GaAdaMatinya yakni ZenFone 3 Max ZC553KL. Smartphone ini menawarkan baterai berkapasitas besar dan mendukung reverse charging, teknologi khusus agar smartphone dapat menyumbangkan energi ke perangkat lain. Melengkapi varian smartphone tersebut, ASUS kini merilis versi ZenFone 3 Max ZC553KL yang hadir dalam warna pink.

Oppo F3 Plus Black
Setelah merilis F3 Plus beberapa waktu lalu, Oppo kembali mengeluarkan varian baru dari F3 Plus, yang kali ini berwarna hitam. Sebelumnya Oppo merilis F3 Plus dengan warna emas.

Polytron ZAP6 Flaz
PT Hartono Istana Teknologi selaku pemilik brand Polytron siap meramaikan pasar smartphone Tanah Air kali ini lewat ZAP6 Flaz 4G503. Polytron ZAP6 Flaz 4G503 hadir membawa sejumlah sisi menarik, salah satunya dari sektor penyuplai daya.

Axioo M5+
Lama tak mengeluarkan produk, Axioo kembali ke jalur persaingan dengan menyuguhkan smartphone baru bertajuk M5+. Smartphone ini siap bertarung di segmen mid-low. Sebagai produk anyar, Axioo M5+, datang dengan membawa peningkatan spesifikasi dibanding seri terdahulu, M5.

Nubia M2, M2 Lite, dan N1 Lite
Satu brand smartphone pendatang baru asal Tiongkok kembali hadir meramaikan pasar smartphone Tanah Air. Adalah Nubia, sub-brand yang dahulu lekat dengan smartphone besutan ZTE. Di awal kehadirannya setelah ‘pisah’ dari brand ZTE, Nubia langsung menyuguhkan tiga smartphone barunya ke Indonesia. Ketiganya adalah Nubia M2, M2 Lite, dan N1 Lite.

12 Smartphone Sepanjang Mei 2017

Memasuki bulan Mei 2017, pasar smartphone di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran berbagai smartphone terbaru. Ini melanjutkan kemeriahan hadirnya smartphone terbaru pada bulan April 2017 yang lalu.

Beberapa vendor terus menunjukkan eksistensinya di pasar smartphone Indonesia melalui produk terbarunya. Mereka terus ‘menggerojoki’ pasar dengan beberapa seri smartphone terbaru. Baik tipe terbaru maupun tipe lama yang hadir dengan tampilan baru melalui embel-embel edisi khusus.

Apa saja smartphone terbaru yang hadir selama bulan Mei 2017? Berikut di antaranya:

Asus Zenfone Live
Setelah pernah mengeluarkan seri Zenfone Selfie, Asus kembali merilis smartphone terbarunya untuk bersaing di fitur selfie. Yaitu Asus Zenfone Live dengan fitur BeautyLive yang belum pernah ada sebelumnya. Zenfone Live yang diperuntukkan bagi para pelaku dan pecinta konten live streaming.

Asus ZenFone Zoom S
Asus Zenfone Zoom S diperuntukkan bagi para pelaku dan pecinta fotografi mobile kelas atas. Sesuai namanya, kelebihan utama smartphone ini adalah kemampuan menghasilkan karya fotografi berkualitas tinggi, khususnya untuk tele photgraphy.

Oppo F3
Tidak berselang lama setelah meluncurkan F3 Plus, Oppo langsung merilis seri selnjutnya yaitu Oppo F3. Seri yang satu ini sengaja dihadirkan oleh Oppo untuk mengisi segmen pasar di bawah harga Oppo F3 Plus. Ya..harga Oppo F3 memang dibanderol lebih murah, yaitu Rp 4,4 juta, dibandingkan Oppo F3 Plus yang dijual seharga Rp 6,5 juta.

Vivo V5s
Vivo terus menggenjot pangsa pasarnya dengan menggelontorkan sejumlah seri smartphone terbarunya sejak awal tahun ini. Dari mulai seri Vivo V5 , V5 Plus, V5 Lite hingga yang terbaru yaitu V5s.

Samsung Galaxy S8 dan S8+
Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus akhirnya resmi tersedia di Indonesia. Hadir sebagai produk flagship, Samsung menjual kedua smartphone ini dengan harga cukup mahal. Samsung Galaxy S8 dijual seharga Rp 10,5 juta, sementara Galaxy S8 Plus dibanderol Rp 12 juta. Sederet fitur terbaru pun sudah disiapkan.

Infinix S2 Pro
Infinix resmi menghadirkan smartphone dual camera pertama besutannya. Bertitel S2 Pro, perangkat merupakan model pertama di seri terbaru Infinix. Seperti penamaannya, Infinix S2 Pro memiliki keunggulan pada fitur selfie. Tidak tanggung-tanggung, vendor membekali dua kamera sekaligus untuk urusan swafoto.

Lenovo K6 Note
Lenovo menghadirkan generasi terbaru, Lenovo K6 Note digadang-gadang menghadirkan ekosistem hiburan yang cukup lengkap. Didalamnya beragam fitur multimedia hadir. Seperti Theatermax yang memberikan pengalaman visual audio.

Lenovo K6 Power
Pasar kelas menengah tiada henti dibanjiri ponsel baru. Yang terbaru, Lenovo menelurkan generasi penerus dari K-series yaitu Lenovo K6 Power. Penerus dari Lenovo K4 Note dan Lenovo K5 Plus ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan entertainment karena fitur utamanya terletak pada kapasitas baterai besar.

Vivo V5 Plus Black Matte
Setelah sebelumnya hadir dengan dua warna elegan yaitu Rose Gold dan Crown Gold, Vivo Smartphone kini memperkenalkan varian warna terbaru untuk Vivo V5Plus yaitu Black Matte yang mulai diperkenalkan melalui berbagai saluran penjualan di seluruh Indonesia pada awal Mei 2017.

Wiko Harry
Setelah setahun lamanya tidak menghadirkan seri terbaru, Wiko hadir dengan smartphone Harry dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp1,599 juta. Didukung dengan sppesifikasi yang cukup update, Wiko Harry dibanderol dengan harga yang terjangkau. Wiko Harry sudah didukung dengan OS Android 7.0 Nougat.

Oppo F3 Edisi Reza Rahardian
Setelah meluncurkan edisi khusus Raisa pada tahun 2016, Oppo Indonesia kembali menelurkan smartphone edisi terbatas di bawah seri Oppo F3 yang memiliki ciri khas salah satu selfie expert member, yaitu Reza Rahadian.

Vivo V5s Edisi Ramadhan
Menyambut datangnya bulan suci ramadhan, setelah sebelumnya dibalut warna Crown Gold dan Rose Gold yang elegan, Vivo V5s akan hadir dengan tampilan baru bertema “simplicity meets sophistication” yang mewakili kemurnian dan keindahan Bulan Ramadhan.

5 Smartphone Rilis Juni 2017

Motorola Moto C 3G & 4G
Smartphone termurah Motorola akhirnya mendarat di Indonesia. Perusahaan resmi memperkenalkan Moto C dengan harga Rp999.000 untuk varian 3G dan Rp1.299.000 untuk model 4G LTE. Bentang layar 5.0 inci resolusi FWVGA serta OS Android paling aktual 7.0 Nougat.

Huawei Y Series 2017
Huawei kembali memperkenalkan smartphone terbarunya di jajaran keluarga Y Series, yakni Huawei Y3 2017, Huawei Y5 2017 dan Huawei Y7 Prime. Menyasar para pengguna baru (entry level), tiga varian baru smartphone Huawei ini menawarkan layar yang lebih besar, baterai tahan lama, performa yang mumpuni dan juga kamera yang terbaik di kelasnya.

Dari 56 daftar smartphone yang dirilis vendor global maupun lokal di Tanah Air, apa model favorit Anda?