Sunday, August 18, 2019
Home News FinTech Singapura Terapkan Standarisasi Pembayaran QR Code Nasional

Singapura Terapkan Standarisasi Pembayaran QR Code Nasional

-

Jakarta, Selular.ID – Singapore Payments Council (SPC), badan khusus yang dibentuk pemerintah Singapura untuk mengatur transaksi digital, akhirnya memberlakukan otorisasi pada spesifikasi kode QR standar demi mempermudah pembayaran secara elektronik dan telepon selular.

Sistem SGQR dirancang oleh kelompok industri dan menggunakan protokol kode QR internasional yang disesuaikan untuk kebutuhan spesifik pasar.

Standarisasi ini akan digunakan untuk pembayaran di dalam toko, simpanan bank, layanan remittance dan transfer tunai orang-ke-orang. Beberapa penyedia layanan telah menggunakan kode QR di negara kepulauan ini, namun standarisasi metode pembayaran meningkatkan interoperabilitas antar layanan dan memastikan penerimaan yang lebih luas.

Pemroses pembayaran harus menerima standarnya pada akhir 2018. Penyedia layanan dan bank juga berkomitmen untuk memperbarui layanan mereka sepanjang tahun untuk menggunakan sistem yang baru.

Sopnendu Mohanty, Chief Fintech Officer di Monetary Authority of Singapore – agen pemerintah yang bertanggung jawab atas SPC – menyebutkan bahwa “SGQR adalah inisiatif nasional yang belum pernah terjadi sebelumnya yang didukung oleh industri untuk memberikan konsumen dan pedagang dengan pengalaman e-payment yang mulus dan efisien.”

Ditambahkan oleh CEO Singtel Chua Sock Koong, bahwa kode standar QR akan mendorong lebih banyak konsumen dan pedagang untuk masuk dalam ekosistem digital, sehingga mempercepat langkah Singapura untuk menjadi Smart Nation.

“Sebagai pelopor pembayaran mobile di Singapura, Singtel dengan senang hati mendukung SGQR dengan mengenalkannya di Singtel Dash. Ini menandai tonggak utama dalam perjalanan digital kita”, tandas Chua Sock Koong.

Latest