Sunday, November 17, 2019
Home News Quantum, Update Terbesar Mozilla Firefox

Quantum, Update Terbesar Mozilla Firefox

-

IMG_20171116_072949
Jakarta, Selular.ID – Browser Mozilla Firefox Quantum sudah bisa dinikmati pengguna desktop. Sebentar lagi, pengguna smartphone juga bisa merasakannya.

Resmi hadir di Indonesia bulan ini, Firefox Quantum memiliki kecepatan lebih dari dua kali lipat dibandingkan Firefox versi 6 bulan yang lalu (Quantum versi beta), didukung oleh mesin inti yang benar-benar diperbarui dengan teknologi baru yang diadopsi dari grup penelitian lanjutan Mozilla. 

Browser ini juga didesain dengan tampilan baru yang lebih menawan dan mendukung Anda untuk berselancar ke banyak halaman dan membuka berjuta-juta tab. Mozilla mengklaim Firefox Quantum menggunakan lebih sedikit memori daripada kompetitornya.

Mozilla mengaku peluncuran Firefox Quantum adalah update terbesar yang pernah dilakukan perusahaan sejak peluncuran Firefox 1.0 pada tahun 2004.

Browser ini digadang-gadang jauh lebih baik dalam segalanya. Penasaran? Berikut petikan penjelasan Mozilla.

“Hal pertama yang akan menarik perhatian Anda adalah kecepatannya. Cobalah, buka beberapa tab dan bersenang-senanglah. Hal kedua yang akan Anda perhatikan adalah User Interface (UI) yang baru. Kami menyebut inisiatif ini Photon, yang bertujuan untuk memodernisasi dan menyatukan semua yang kita sebut sebagai Firefox, sekaligus mengambil keuntungan dari kecepatan mesin yang baru.

Desainer kami membuat sebuah sistem yang memberikan peningkatan lebih daripada hardware yang ada saat ini, namun memungkinkan kami untuk berkembang di masa depan. Selain itu, integrasi Pocket kami selangkah lebih maju, termasuk rekomendasi Pocket pada halaman yang paling banyak dikunjungi.

Kami telah melakukan banyak sekali peningkatan kinerja di core browser dan mengapalkan mesin CSS baru, Stylo, yang memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan hardware saat ini dengan banyak core yang dioptimalkan untuk konsumsi daya rendah.

Kami juga memperbarui Firefox sehingga tab yang sedang Anda buka diprioritaskan dari tab lainnya. Dengan demikian Anda bisa memanfaatkan sumber daya sistem dengan lebih baik. Kami melakukan semua ini di atas fondasi multi proses yang kami luncurkan bulan Juni yang lalu.”

Demi menyajikan update besar, sebanyak 80 kontributor dari seluruh dunia, dengan hampir setiap zona waktu terwakili, berkontribusi dalam pengembangan kode.

Sebanyak 75%, atau hampir 7 juta baris kode diubah.

Pengguna tetap bisa menyesuaikan toolbar dengan 265.252.859.191.742.656.903.069.040.640.000 cara untuk mengkustomisasi toolbar Firefox baru yang tampil beda dari yang umumnya.

Browser Firefox terbaru ini sudah tersedia di Windows, Mac atau Linux. Tampilan baru ini juga akan tersedia untuk iOS dan Android.

Mozilla menyatakan masih banyak hal menakjubkan untuk Quantum dan hal menarik lainnya dalam waktu dekat.

Latest