mobile-internet-trends

Jakarta, Selular.ID – Hasil riset yang dilakukan Indosat Ooredoo dan Fakultas Ekonomika and Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahap pertama menunjukan hasil yang positif mobile internet terhadap pertumbuhan ekonomi.

Hasil riset tersebut akan diserahkan pemerintah sebagai rekomendasi mengenai mobile internet, agar pemerintah mendapatkan gambaran mengenai dampak positif mobile internet dan apa yang harus dilakukan.

Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo menuturkan, keberadaan infrastruktur dan suprastruktur merupakan hal yang esensial dalam memperkuat dan mendorong dampak positif mobile internet terhadap pembangunan ekonomi.

“Kita memerlukan peran yang kuat dari pemerintah untuk mendukung dan menyediakan infrastruktur yang memadai guna mendukung akses masyarakat akan mobile internet, agar internet bisa dinikmati seluruh maayarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri”tutur Deva.

Selain dampak positif, Deva menyebutkan tidak dipungkiri akan ada dampak negatif. Sehingga pentingnya kebijakan pemerintah dan regulasi merupakan hal yang vital untuk mengendalikan dampak negatif dari mobile internet.

Seperti lunturnya etika, meningkatnya konflik karena berkurangnya kemampuan dalam berkomunikasi, baik melalui mobile internet maupun secara tatap muka, kemudian belum siapnya masyarakat secara budaya dan dampak-dampak negatif lain seperti addiction, hoax dan cyberbullying.

“Kami berharap hasil riset akan memberikan pemahaman mengenai prilaku penggunaan mobile internet dimana dampak mobile internet dapat digunakan sebagai dasar untuk meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif mobile internet,”pungkas Deva