Sabtu, 20 April 2024
Selular.ID -

Mekar.id Ajak Masyarakat Berinvestasi Sambil Dukung UMKM Indonesia

BACA JUGA

IMG_20171117_083042
Jakarta, Selular.ID – Wirausahawan dan pelaku UMKM di Indonesia kini bisa lebih mudah mendapat dukungan finansial. Sebuah perusahaan fintech Mekar.id (PT Mekar.id Investama Sampoerna), meluncurkan fitur terbaru crowdfunding.

Dengan adanya fitur terbaru ini, sebanyak 7 juta wirausahawan dan 114 juta orang di 58 juta unit UMKM kini bisa menikmati kemudahan dalam mencari dukungan finansial untuk bisnisnya.

Dunia usaha di Indonesia semakin menunjukkan geliat pertumbuhan yang signifikan, terbukti dari semakin meningkatnya angka wirausahawan tahun 2016 yang mencapai 3,1% dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 225 juta jiwa, dua kali lipat dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 1,67%.

Pertumbuhan yang pesat ini membuktikan tingginya jiwa entrepreneurship masyarakat Indonesia. Banyak di antaranya adalah anak muda, termasuk generasi millennial yang kini mulai ramai-ramai merambah kancah bisnis startup.

Namun, tak sedikit di antara mereka yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya, terutama dalam hal finansial. Tantangan yang sama juga dihadapi UMKM Indonesia; sebagian besar dari mereka kesulitan mengakses pinjaman bank untuk usahanya.

Tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak pengusaha dan UMKM yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya, terutama dalam hal finansial. Sebagian besar dari mereka kesulitan mengakses pinjaman bank untuk usahanya.

Mekar.id hadir memberikan solusi untuk permasalahan ini dengan menawarkan fitur crowdfunding di website Mekar.id.

Seperti tercermin dari namanya, merupakan sebuah proses untuk menarik minat sejumlah besar investor untuk mengeluarkan dana yang relatif terjangkau dan berinvestasi pada sebuah produk atau bisnis yang inovatif.

Dengan adanya crowdfunding, usaha-usaha kecil kini jadi lebih mudah untuk dapat “bertemu” dengan para pemodal yang bisa membantu mereka tumbuh lebih besar atau menjangkau pasar yang lebih luas. Di sisi lain, bagi para investor, crowdfunding menawarkan kesempatan untuk menanamkan investasi mereka lebih awal pada produk, proyek atau bisnis yang memiliki potensi untuk menjadi besar di masa depan, dan mendukung karya anak bangsa.

Thierry Sanders, Chief Executive Officer Mekar.id, mengatakan “Solusi crowdfunding Mekar.id memiliki keunggulan dibandingkan kebanyakan platform lain di luaran. Bisnis-bisnis yang menggalang dukungan melalui fitur crowdfunding Mekar.id telah melalui proses seleksi sehingga hanya mereka yang telah beroperasi selama sedikitnya satu tahun dan menunjukkan performa atau sistem produksi yang baik yang bisa membuat campaign di Mekar.id”.

Bagi para investor, ini berarti bahwa bisnis-bisnis yang ada di Mekar.id memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan di banyak platform crowdfunding lainnya di mana semua bisnis dengan kondisi apapun juga dapat menggalang dana.

Menurut Irawan Kadarman, Komisaris Utama PT Mekar.id Investama Sampoerna, “Suatu bisnis yang ingin menggalang dukungan melalui fitur crowdfunding Mekar.id dapat memilih dari dua jenis model pendanaan: Bagi Hasil dan Pre-order. Dalam skema Bagi Hasil, investor yang menginvestasikan uangnya untuk mendukung sebuah campaign dari suatu bisnis akan memperoleh pembayaran secara periodik yang besarnya dihitung berdasarkan persentase tertentu dari penjualan yang dicatatkan oleh bisnis tersebut.”

Usaha-usaha kecil juga dapat memanfaatkan fitur crowdfunding di Mekar.id untuk mencari pembeli produk mereka. Investor dapat mendukung UMKM-UMKM ini dengan cara melakukan pemesanan awal (pre-order) melalui website Mekar.id, dengan harga yang kadang lebih murah dari harga retailnya.

Dukungan dari para investor akan membantu usaha-usaha kecil ini membayar biaya produksi produknya dalam jumlah besar.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU