Beranda News Ini Yang Harus Diperhatikan dan Dipatuhi Transportasi Online

Ini Yang Harus Diperhatikan dan Dipatuhi Transportasi Online

-

organda-jawa-barat-meminta-angkutan-online-menahan-diri-hVY

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah baru saja merevisi aturan baru, dimana dalam sembilan poin dalam aturan tersebut salah satunya peran aplikator.Aplikator yang dimaksud ini adalah untuk Go-Jek, Grab, dan Uber.

Hindro Surahmat Plt Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menuturkan, Perusahaan aplikasi berbasis teknologi informasi di bidang transportasi darat dilarang bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum.

“Ada hal-hal pelarangan yang harus diperhatikan transportasi online, dan harus dipatuhi, terkait revisi “tutur Hindro

Lebih rinci ada lima hal pelarangan Gojek, Grab, dan Uber bertindak seperti angkutan konvensional, yang pertama disebutkan Hindro memberikan layanan akses aplikasi kepada perusahaan angkutan umum yang belum memiliki izin penyelenggara angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Kedua memberikan layanan akses aplikasi kepada perorangan, ketiga merekrut pengemudi, ke empat menetapkan tarif dan memberikan promosi tarif batas bawah yang telah ditetapkan.

Selain itu juga dikatakan Hindro, ada kewajiban untuk aplikator yang tak lain adalah perusahaan aplikasi teknologi informasi di bidang transportasi darat wajib untuk memberikan akses digital dashboard kepada direktur jenderal, kepala badan, gubernur, bupati/wali kota sesuai dengan kewenangan, kemudian memberikan akses aplikasi kepada kendaraan yang telah memiliki izin penyelenggaraan angkutan sewa khusus berupa kartu pengawasan yang disusulkan oleh badan hukum.

Lalu bekerja sama dengan perusahaan angkutan umum yang telah memiliki izin penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor tidak dalam traye, menaati dan melaksanakan tara cara penggunaan berbasis teknologi informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan hang gerakhir adalah membuka kantor cabang dan menunjuk penanggung jawab kantor cabang di kota sesuai wilayah operasi.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika menambahkan, bahwa Penerintah harus memberikan level playing field, kesetaraan, serta apa yang diawasi terhadap (transportasi) konvensional, itu juga yang harus dilakukan terhadap (transportasi) online.

“Harus sama peraturannya supaya semua berjalan dengan baik,” kata Rudiantara.

Artikel Terbaru