Sunday, October 25, 2020
Home News Social Media Facebook Ungkap Kebiasaan Pengguna Medsos di Luar Jakarta

Facebook Ungkap Kebiasaan Pengguna Medsos di Luar Jakarta

-

IMG_20171012_191155
Jakarta, Selular.ID – Pengguna media sosial di Jakarta biasanya untuk selebrasi sementara pengguna di Luar Jakarta untuk diterima. Hal itu terungkap dalam penelitian Quantum Consumers Solutions Singapura.

WeiFen Lee, Lead Ethnographer, Quantum Consumers Solutions Singapore, menjabarkan hasil penelitiannya di sesi Facebook di acara MMA Forum di Jakarta.

“Pengguna medsos dan platform chat di ibukota cenderung sebagai bentuk perayaan. Sementara pengguna medsos di kota tier 2 adalah agar bisa diterima dalam pergaulan,” ungkap WeiFen Lee (12/10/2017).

Di Palembang misalnya, lanjut WeiFen Lee, ada peraturan jam malam, dimana pelajar dilarang keluar rumah setelah pukul 6 sore. Nah, di rentang waktu itu sampai mereka tidur, dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman sebaya melalui chat baik teks maupun video.

Hal itu berbeda dengan warga Jakarta yang kerap mengakses layanan video di jam-jam yang tersebut.

Quantum Consumers Solutions Singapura melakukan studi Etnografi, yakni studi mengenai orang-orang dan budaya dimana masyarakat diobservasi dari sudut pandang konsumen. Menggunakan metode Observasi Peserta, etnografer terlatih melihat berdasarkan perilaku yang sesungguhnya.

Penelitian ini dilakukan selama 104 jam di enam kota yang dianggap dapat merepresentasikan keberagaman yang ada di Indonesia dengan rentang usia responden antara 18-35 tahun dalam dua fase.

Fase pertama (September 2016) di 5 kota yaitu Medan, Bandung, Palembang, Surabaya dan Makasar. Fase kedua (April-Mei 2017) di Jakarta.

Hasil penelitian Quantum menunjukkan perbedaan yang signifikan antara Tier 1 dan Tier 2 di Indonesia. Berikut ringkasannya.

Tier 1 (Jakarta)

Lingkungan Sosial: Kemacetan yang tinggi menyebabkan tingkat individual yang tinggi pula terhadap penggunaan media sosial selama ketika berada di jalan untuk menghilangkan kebosanan dan rasa frustrasi

Cita-cita: Berambisi kuat untuk meraih kesuksesan, berkeinginan untuk mengadopsi gaya hidup cosmpolitan, dan kemungkinan untuk kembali menemukan jati diri

Kekhawatiran: Keinginan yang kuat untuk sukses menghasilkan ketakutan yang lebih besar pula untuk kegagalan menggapai impian tersebut

IMG_20171012_191529
Tier 2 (Medan, Bandung, Palembang, Surabaya dan Makasar)

Lingkungan Sosial: Komunitas dan lingkungan yang dekat secara fisik mendukung untuk menghabiskan waktu secara bersama-sama

Cita-cita: Melihat Jakarta sebagai acuan, berkeinginan untuk mengadopsi gaya hidup perkotaan, memberikan penampilan yang baik menjadi ekspektasi dan peranan sosial seseorang

Kekhawatiran: Kegelisahan akan penilaian sosial, khawatir akan penerimaan dari komunitas

Facebook bekerjasama dengan Quantum Consumers Solutions Singapura untuk melakukan studi tentang Kebutuhan Media Sosial di Indonesia. Facebook menyadari pentingnya perilaku pengguna media sosial bagi para pelaku bisnis baik bagi UKM dan brand besar karena perilaku setiap pengguna media sosial berbeda satu sama lain.

Dalam studi tersebut, Facebook dan Quantum Consumers Solutions Singapura menemukan bahwa lokasi geografis memiliki dampak yang cukup besar untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Perbedaan tersebut sangat terlihat jelas di kota Jakarta dan kota-kota di luar Jakarta.

Studi ini diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis atau pengiklan untuk dapat menyesuaikan strategi komunikasi pemasaran mereka dalam menjangkau setiap konsumen mereka di seluruh Indonesia dengan menggunakan bahasa komunikasi yang relevan dengan konsumen mereka di kota-kota tersebut.

Latest