Thursday, October 22, 2020
Home News Startup Startup Kata.ai Raih Pendanaan Seri A

Startup Kata.ai Raih Pendanaan Seri A

-

kata_ai_teamJakarta, Selular.ID – Startup Kata.ai, yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI), mengumumkan telah mendapatkan pendanaan Seri A senilai 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp46,5 miliar. Dana segar yang didapatkannya itu untuk penelitian dan pengembangan.

Dalam keterangannya, Kata.ai mendapatkan pendanaan pertama dari kelompok yang dipimpin Trans-Pacific Technology Fund (TPTF) asal Taiwan, yang diikuti perusahaan Indonesia MDI Ventures milik Telkom Group, Access Venture asal Korea, serta Convergence Ventures.

Di samping itu, di dalamnya juga terlibat VPG Asia, Red Sails Investment, dan angel investor terkemuka, Eddy Chan. Di sisi lain, sesuai dengan kesepakatan Barry Lee selaku pimpinan dari TPTF juga akan bergabung ke dalam dewan direksi Kata.ai.

Seperti dijelaskan Kata.ai akan memanfaatkan dana baru ini untuk penelitian dan pengembangan, dengan harapan bisa memperbesar jangkauannya di pasar Indonesia sembari memperluas penawarannya.

Selain itu, Kata.ai akan mengembangkan teknologi Pengelolahan Bahasa Alami Natural Language Processing (NLP) dengan tujuan dapat memahami dan meningkatkan kemampuannya beroperasi dalam beberapa bahasa Asia Tenggara, di luar Bahasa Indonesia yang dimiliki sekarang.

Di Indonesia, Kata.ai menerapkan teknologi AI-nya dalam chatbot. Menurut mereka, dari segi budaya, orang Indonesia lebih memilih ngobrol dengan perwakilan perusahaan jika mereka memiliki pertanyaan atau masalah tentang produk atau layanan.

Belum lama ini, Kata.ai bermitra dengan Unilever untuk membuat chatbot di Line bernama Jemma, asisten virtual yang melayani pelanggan atas nama Unilever.

Sebagai informasi Kata.ai adalah perusahaan yang sebelumnya mengusung brand YesBoss. Jika sebelumnya YesBoss menyasar pasar ritel, Kata.ai lebih ditujukan ke klien korporasi (B2B). Perusahaan mengklaim pihaknya, telah meningkatkan pendapatan hingga 30 kali lipat dalam waktu setahun, Kata.ai hadir pada tanggal 14 Oktober 2016

Secara jangka panjang, Kata.ai berharap banyak pemain lokal yang dapat memanfaatkan teknologi tersebut demi memberikan kemudahan dan efisiensi di berbagai macam layanan dan sektor indsutri, dari telekomunikasi, healthcare, layanan finansial dan perbankan, smart city, dan lainnya.

Latest