SHARE

IMG-20170830-WA0005Jakarta, Selular.ID – Agar slot orbit satelit yang dimiliki oleh Telkom tetap aman meyusul terjadinya gangguan pada Telkom 1 , Menkominfo Rudiantara manyatakan akan berkoordinasi dengan International Telecommunucation Union (ITU).

Hal ini dikatakan Rudiantara dilakukan agar kekosongan akibat tidak bisa berfungsinya Telkom 1 tidak dimanfaatkan oleh pihak lain.

“Kalau sesuai jadwal, Telkom baru akan meluncurkan satelit pengganti Telkom 1 pada tahun 2018 mendatang. Dengan terjadinya gangguan ini berarti slot itu jadi kosong. Nah kita ingin slot itu tetap aman untuk digunakan Telkom,” ungkap Rudantara di hadapan awak media di Kemkominfo, Jakarta (30/8/2017).

Dalam kesempatan yag sama, Alex J Sinaga, Direktur Utama Telkom menyampaikan bahwa kejadian yang menimpa Telkom 1 hal yang umum terjadi.

“Sebagai informasi saja ada 3 satelit di dunia yang mengalami kejadian serupa Telkom 1,” jelas Alex.

Oleh karena itu ditambahkan Alex, untuk kasus seperti yang terjadi pada Telkom 1, ITU biasanya akan mengabulkan permintaan suspend slot agar tidak dipakai pihak lain.

“Secara fisik memang slot yang ditempati Telkom 1 jadi kosong. Tetapi orbit 108 yang ditempati Telkom 1 tetap terdaftar atas nama negara Republik Indonesia cq PT Telekomunikasi Indonesia,” tandas Alex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here